Awas! Tempat di Pesawat Ini Bisa Picu Timbulnya Infeksi

Awas! Tempat di Pesawat Ini Bisa Picu Timbulnya Infeksi,- www.obatinfeksi.info - Ada banyak alat transportasi umum yang sering digunakan untuk pergi ke tempat tujuan, mulai dari bus, kereta, hingga pesawat. Untuk bepergian dalam jarak yang jauh, pesawat biasanya menjadi pilihan utama agar bisa sampai lebih cepat. 

Sama halnya dengan tempat umum lainnya, didalam pesawat juga terdapat bakteri. Meskipun kabin pesawat sellau terlihat bersih, rapi, nyaman, dan wangi setiap kali para penumpang masuk ke dalamnya, namun tidak sedikit kotoran atau mungkin debu tampak didalamnya. 

Mungkin Anda berpendapat jika toilet merupakan tempat dimana bakteri banyak berkumpul di pesawat. Namun jangan salah, ternyata ada 3 tempat di dalam pesawat yang menjadi sarang bakteri dan bisa memicu timbulnya infeksi yang perlu diketahui. Dimana sajakah ?

Tempat di Pesawat yang Bisa Picu Timbulnya Infeksi yang Perlu Diketahui

Sebuah investigasi yang dilakukan oleh para peneliti di Kanada mengumpulkan lebih dari ratusan sampel. Nyaris separuh hasil sekaan ditemukan mengandung bakteri yang cukup tinggi untuk menyebabkan infeksi pada seseorang. Beberapa kru kabin juga mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan pesawat secara menyeluruh diantara penerbangan. 

Berikut merupakan tempat di pesawat yang bisa picu timbulnya infeksi karena menjadi sarang bakteri menurut investigasi yang perlu diketahui, yaitu :
  • Kantung kursi
Jangan pernah menaruh makanan di kantung kursi tanpa pembungkus. Beberapa pramugari mengaku pernah menemukan pampers kotor, tampon bekas, dan bahkan bekas kondom didalamnya. 

Kotoran dalam pampers bisa mengandung bakteri E.coli yang bisa menyebabkan keracunan makanan jika tertelan. Sedangakn tampon dan kondom bekas bisa menularkan bakteri Staphylococcus aureus atau bakteri streptococcus (strep) grup A, yang bisa menyebabkan toxic shock syndrome.
  • Baki kursi
Menjadi satu-satunya tempat dan alas makan, rupanya didalam baki kursi ini ditemukan banyak bakteri Staphylococcus penyebab infeksi dan kadar jamur yang tinggi. Hal ini mengindikasikan jika baki kursi cukup jarang dibersihkan. 

Bakteri Staphylococcus (Staph) sering ditemukan di kulit atau hidung, baik orang sakit ataupun sehat. Bakteri ini umumnya tidak menyebabkan masalah atau hanya menyebabkan infeksi kulit yang relatif kecil. 

Namun, bakteri ini juga bisa menyebabkan kematian jika terinfeksi hingga ke dalam tubuh, masuk ke aliran darah, sendi, tulang, paru-paru atau jantung. Seperti endokartitis, sebuah infeksi mematikan pada dinding dalam jantung atau endokardium. 
  • Sandaran kepala kursi
Di sandaran kepala kursi dalam pesawat sering kali ditemukan bakteri E. coli yang menunjukkan adanya kontaminasi kotoran. Hampir semua tipe bakteri E. coli tidak berbahaya dan bisa membantu kesehatan saluran pencernaan. 

Akan tetapi, perlu diketahui beberapa diantaranya juga bisa menyebabkan diare, keracunan makanan, pneumonia, masalah pernapasan dan infeksi saluran kencing. Sekitar 75%-95% masalah infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri E. coli. 

Terdapat beberapa penyakit serius yang disebabakn oleh jenis-jenis bakter E. coli tertentu. Ada satu jenis yang bisa membuat sakit karena menciptakan racun, bernama Shiga. Ada satu lagi yang bernama O157:H7, bakteri jenis ini bisa membuat Anda sakit dengan gejala-gejala seperti kram perut, muntah dan diare berdarah. 

Jenis ini menjadi penyebab utama gagal ginjal pada anak-anak. Dan juga menjadi penyebab dari gejala-gejala yang bisa membahayakan nyawa, seperti demam tinggi, perdarahan, sakit kepala dan kejang.

Jika Anda ingin mencegah dan menghindari patogen-patogen tersebut, para pakar menyarankan agar menggunakan hand sanitizer sebelum menaiki pesawat atau menyentuh tempat-tempat tersebut. Atau Anda juga bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan tisu basah yang mengandung antiseptik. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Awas! Tempat di Pesawat Ini Bisa Picu Timbulnya Infeksi"

Posting Komentar