Tips Mudah dan Cepat Atasi Laringitis atau Infeksi Pita Suara

Tips Mudah dan Cepat Atasi Laringitis atau Infeksi Pita Suara,- www.obatinfeksi.info - Apakah Anda suika bernyanyi? Atau memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda banyak berbicara? Mungkin tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Namun, perlu diketahui, jika Anda menggunakan suara terlalu banyak, maka bisa menimbulkan penyakit pada tenggorokan, salah satunya yaitu laringitis. 

Apa itu laringitis? 

Laringitis adalah suatu kondisi peradangan yang terjadi pada pita suara karena terlalu banyak digunakan, karena iritasi atau karena adanya infeksi. Pita suara sendiri yaitu suatu susunan yang terdiri dari tulang rawan, otot dan membran mukosa yang membentuk pintu masuk dari b atang tenggorokan atau trachea. Di dalam kotak suara terdapat pita suara, dua buah membran mukosa yang terlipat dua membungkus otot dan tulang rawan. 

Ketika meradang, suara yang terbentuk dari udara yang melewati pita suara menyebabkan suara parau. Pada baeberapa kasus, suara akan menjadi sangat lemah sehingga tidak terdengar. 

Laringitis cukup sering terjadi dan biasanya terjadi pada orang yang bekerja dengan banyak berbicara, menyanyi, orang yang rutin terpapar asap rokok, atau mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Kondisi ini bisa terjadi dalam waktu yang singkat (akut) atau lama (kronis). Walaupun laringitis akut biasanya hanya karena terjadinya iritasi dan peradangan akibat virus, suara serak yang sering terjadi bisa menajdi tanda adanya masalah yang lebih serius. 

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulkan peradangan yang menyebabkan laringitis, seperti diantaranya infeksi virus, faktor lingkungan, dan infeksi bakteri. 

Laringitis biasanya menimbulkan beberapa gejala umum, yaitu seperti nyeri tenggorokan, batuk, demam, suara yang dikeluarkan serak, atau bahkan kehilangan suara sama sekali. Pada penderita anak-anak dengan struktur saluran pernapasan yang kecil, bisa saja terjadi kesulitan bernapas. Walaupun begitu, hal tersebut hanya terjadi pada beberapa kasus saja. 

Gejala laringitis bisa timbul secara tiba-tiba, kemudian terus memburuk selama 2 sampai 3 hari, dan pulih dalam waktu 1 minggu tanpa pengobatan. Biasanya suara serak dan kesulitan mengeluarkan suara merupakan gejala yang terakhir pulih dibandingkan dengan gejala lainnya. 

Jika penderita masih merasakan gejala hingga lebih dari 2 minggu, maka disarankan untuk segera menemui dokter. Terlebih lagi jika gejala yang timbul semakin parah, terutama menjadi sulit bernapas, maka bantuan medis harus segera dilakukan. 

Tips Atasi Laringitis atau Infeksi Pita Suara

Sebagian besar kasus laringitis sebenarnya bisa sembuh tanpa menggunakan obat-obatan dalam jangka waktu hingga 1 minggu. Tujuan pengobatan yaitu untuk mempercepat kesembuhan dan meminimalisasi gejala yang mengganggu.

Berikut ini merupakan beberapa tips atasi laringitis atau infeksi pita suara yang mudah untuk dilakukan, yaitu diantaranya :
  • Istirahatkan suara
Salah satu tips atasi laringitis yang lebih jelas yaitu menyimpan suara atau tidak mengeluarkan suara lebih sering. Hal ini berlaku khususnya untuk penyanyi, yang sering mengalami laringitis akibat induksi mekanis sebagai akibat dari pekerjaan yang menuntut vokal. 

ahli bedah kepala dan leher di University of Kentucky College Kedokteran, Brett Comer, menjelaskan ketika berbisik, Anda menggunakan otot di kotak suara yang tidak dimaksudkan untuk digunakan secara berlebihan, dan begitu banyak membisikkan sebesarnya bisa memperburuk kondisi Anda. 
  • Jaga tenggorokan tetap lembab
Ini berarti Anda harus minum cukup air sepanjang hari. Selain itu, Anda juga bisa menjaga kelembaban tenggorokan dengan menggunakan pelembab dan inhaler mentol karena pemulihan bisa taertunda jika tenggorokan kering terus-menerus. 

Anda juga bisa melembabkan tenggorokan dengan berkumur dengan air garam atau hanya meningkatkan produksi air liur yaitu dengan mengunyah permen karet atau dengan mengisap permen. 
  • Ubah pola mak
Tips atasi laringitis yang selanjutnya yaitu mengubah pola makan dengan menghindari makanan pedas, berminyak, dan asam jika Anda ingin segera pulih.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol
Alkohol termasuk dalam ketogori minuman dehidrasi yang berarti bisa mengganggu proses penyembuhan laring. Dan yang lebih buruknya, yaitu Anda menggabungkan konsumsi alkohol dengan merokok, zat pengiritasi terkenal yang bisa mengiritasi pita suara dan menyebabkan laringitis kronis. 

Namun, asap rokok bukan satu-satunya penyebab iritasi. Asap cat, serbuk kayu, dan berbagai bau dan partikel kuat lainnya juga bisa berfungsi sebagai pemicu potensial. 
  • Hindari konsumsi kafein
Seperti yang dicatat oleh Rebecca N. Gaughan, seorang dokter THT yang berbasis di Kansas, kafein bisa menyebabkan lendir menjadi lebih tebal dan kering. Ini berarti lubrikasi di tenggorokan lebih rendah. Jadi, alangkah baiknya Anda membatasi atau bahkan menghindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seeprti kopi dan coklat.

Itulah beberapa tips mudah atasi laringitis atau infeksi pita suara yang bisa dilakukan di rumah. Jika beberapa tips tersebut tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga lekas sembuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mudah dan Cepat Atasi Laringitis atau Infeksi Pita Suara"

Posting Komentar