Benarkah Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Paru-Paru?

Benarkah Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Paru-Paru?,- www.obatinfeksi.info - Membersihkan hidung dengan cara mengorek kotoran hidung atau mengupil mengganakan jari tangan ternyata bisa menimbulkan masalah pada indera pernapasan. 

Membersihkan hidung yang berlebihan bisa melukai rongga hidung. Ketika rongga hidung terluka, maka risiko terjadinya infeksi bakter akan semakin besar. Selain itu, jika kebiasaan ini terlalu sering dilakukan dengan cara yang kasar, bisa menyebabkan pembatas antara rongga kanan dan kiri hidung menjadi rusak. 

Disamping itu, memiliki kebiasaan mengupil ternyata juga bisa membuat Anda terkena infeksi paru-paru. Hal tersebut dibuktikan sendiri oleh penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan pakar. 


Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di European Respiratory Journal mengungkapkan jika mengupil bisa menyebarkan bakteri berbahaya di dalam tubuh, yang kemudian menyebabkan pneumonia. Penelitian ini merupakan yang pertama yang mengungkapkan bahwa penularan penyakit bisa terjadi melalui kontak antara hidung dan tangan. 

Melihat hasil tersebut, para pakar menyarankan kepada orang tua untuk menjaga kebersihan mainan dan tangan anak untuk melindungi mereka serta menghindari penyebaran bakteri tersebut ke orang lain, terlebih lagi kepada keluarga yang lanjut usia, yang mungkin rentan terhadap infeksi.

Peneliti utama, Dr Victoria Connor, seorang peneliti klinis di Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital, Inggris, mengungkapkan bahwa ionfeksi pneumokokus adalah penyebab itama kematian di seluruh dunia, dan diperkirakan infeksi tersebut bertanggungjawab atas 1,3 juta kematian anak-anak di bawah usia 5 tahun setiap tahunnya.

Para peneliti menemukan bahwa bakteri dapat berpindah dari tangan ke hidung lewat kegiatan mengupil, mencolek atau hanya menggosok hidung dengan punggung tangan. 

Memang sedikit sulit untuk mencegah anak agar tidak mengupil dan memasukkan tangannya ke dalam mulut, namun Anda bisa mencegah penularan bakteri dengan selalu menjaga kebersihan tangan, mainan, serta benda yang ada di sekitarnya. 

Hal ini tidak hanya berlaku pada anak-anak, tetapi juga pada orang dewasa. Melalui penelitian ini, para pakar juga membuktika jika bakteri pneumokokus, penyebab infeksi paru-paru, dapat menyebar melalui kontak langsung, tidak hanya melalui udara. 

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Benarkah Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Infeksi Paru-Paru?"

Posting Komentar