Wajib Tahu! Inilah Gejala Infeksi Paru yang Harus Diwaspadai

Wajib Tahu! Inilah Gejala Infeksi Paru yang Harus Diwaspadai,- www.obatinfeksi.info - Baru-baru ini terdengar kabar mengenai meninggalnya musisi Aray Daulay. Kabar ini diungkap oleh pengamat musik Adib Hidayat dalam akut twiter miliknya. Infeksi paru diduga menjadi penyebab meninggalnya Aray Daulay.

Infeksi paru sendiri merupakan penyakit peradangan yang terjadi pada paru-paru yang disebabkan oleh mikroorganisme bakteri, jamur, parasit, atau virus. Ada beragam jenis penyakit infeksi pada paru-paru, seperti pneumonia atau paru-paru basah, bronkitis, TBC, dan lain-lain. 

Selain mereka yang memiliki masalah dengan kekebalan tubuh, mereka yang memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol, perokok aktif, penderita diabetes, penderita gagal jantung, penderita gangguan sistem kekebalan tubuh akibat konsumsi obat-obatan (seperti penderita kanker atau penerima cangkokan) dan gangguan kekebalan tubuh akibat penyakit HIV/AID juga rentan terhadap risiko penyakit infeksi paru-paru.

Mengetahui Gejala Infeksi Paru yang Harus Diwaspadai

Jika tidak segera ditangani, maka penyakit infeksi paru ini bisa memburuk dan menjadi masalah yang lebih parah. Secara umum, banyaknya kasus kematian akibat infeksi paru bisa disebabkan karena pengobatan yang terlambat dilakukan. Maka dari itu, mengetahui gejala infeksi paru lebih dini merupakan hal yang penting agar infeksi paru bisa segera terdeteksi dan pengobatan dilakukan dengan cepat. 

Berikut ini merupakan beberapa gejala infeksi paru yang perlu diketahui dan diwaspadai, yaitu diantaranya :
  • Demam
Demam merupakan salah satu indikasi utama terjadinya infeksi di dalam tubuh. Anda dikatakan mengalami demam jika suhu tubuh berada di atas suhu normal, yaitu sekitar 37 derajat celcius. Biasanya gejala ini juga disertai dengan sensasi meriang dan menggigil. Infeksi yang terjadi di jaringan paru juga bisa ditandai dengan gejala tersebut.
  • Batuk tidak kunjung sembuh
Infeksi tuberkulosis atau TBC/TB paling mudah dikenali dari gejala batuk yang tidak kunjung sembuh. Jika batuk yang dialami tidak mereda lebih dari 2 minggu, maka dianjurkan untuk melakukan cek dahak. 

Infeksi kronis lainnya yang terjadi pada jaringan paru biasanya juga disertai dengan batuk yang tidak mereda sampai jangka waktu yang lama. 
  • Produksi dahak meningkat
Selain batuk yang tidak kunjung mereda, gejala lain yang timbul akibat infeksi paru adalah produksi dahak yang meningkat. Dahak atau sputum, yaitu cairan kental dari saluran napas, merupakan bagian dari mekanisme perlawanan sistem imun terhadap patogen yang menyebabkan infeksi di jaringan tersebut.
  • Dahak berubah warna
Meningkatnya produksi dahak tidak hanya disebabkan oleh infeksi, hipersensitivitas atau alergi juga bisa menjadi penyebabnya. Ketika kondisi ini dipicu oleh infeksi, maka biasanya juga disertai dengan perubahan wujud dahak. Konsistensinya akan menjadi lebih kental dan liat, serta warnaya berubah menjadi kuning hingga kehijauan. 
  • Sesak napas
Dyspnea atau sesak napas merupakan gejala utama dari penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Namun, keluhan ini juga sering ditemukan pada berbagai jenis infeksi paru. Gejala ini biasanya juga disertai dengan peningkatan frekuensi pernapasna atau tachypnea dan peningkatan denyut jantung atau tachycardia.

Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Dengan begitu, maka langkah pengobatan juga bisa dilakukan dengan segera.

Pada umumnya, pengobatan infeksi paru bisa dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan mengenai gejala yang timbul. Dengan begitu, maka Anda tidak bisa gegabah mengonsumsi atau melakukan lankah pengobatan apapun tanpa sepengetahuan pihak medis. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wajib Tahu! Inilah Gejala Infeksi Paru yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar