Waspada! Infeksi Langka di Tubuh Manusia Ini Mematikan

Waspada! Infeksi Langka di Tubuh Manusia Ini Mematikan,- obatinfeksi.info - Sebagian penyakit yang menyerang manusia bisa disebabkan oleh infeksi dari hewan. Meskipun ukurannya kecil, namun jika menginfeksi manusia maka dampak yang ditimbulkannya akan signifikan, bahkan bisa menyebabkan kematian. 

Sejumlah bakteri tidak hanya bisa menyebabkan demam, mual, atau nyeri luar biasa, tetapi juga bisa memakan korbannya hidu-hidup. Berikut ini merupakan infeksi langka di tubuh mansuia yang mematikan dan perlu diwaspadai, diantaranya yaitu :


  • Cacing Guinea, cacing yang berenang pada tubuh manusia
Cacing Guinea atau Dracunculiasis hidup dlaam perairan yang tercemar dan kotor. Sebagian besar cacing ini menginfeksi manusia melalui air minum yang dikonsumsi. Namun, ada juga kasus dimana cacing ini masuk melalui telinga dan mata. 

Pada awal infeksi, memang tidak timbul gejala apapun. Namun, selang beberapa lama, penderita akan merasakan panas seperti terbakar dan sangat menyakitkan. Hal ini kemungkinan disebabkan karena larva cacing yang sudah tumbuh besar seolah berenang pada daging kulit penderita. 

Jika mereka yang terinfeksi tidak mengonsumsi makanan yang cukup, maka cacing ini akan keluar dengan membuat lubang melalui kulit, dan hal tersebut menyebabkan kulit melepuh. 
  • Onchocerca Volvulus, cacing penyebab kebutaan
Onchocerca Volvulus merupakan cacing yang menjadikan manusia sebagai inangnya. Cacing filarial ini banyak ditemukan di daerah tropis yang memiliki sungai dengan arus yang cukup deras, seperti Afrika, Arab,Guatemala, Meksiko, Venezuela, Colombia, Brazilia, dan Ecuador. 

Tempat yang kumuh juga menjadikan cacing ini semakin berkembang. Gejala utama yang ditimbulkan jika terinfeksi cacing ini adalah kebutaan, dermatitis, dan timbulnya nodulus subkutan.
  • Filarial Worm, nyamuk penular kaki gajah
Penyakit kaki gajah disebabkan oleh infeksi cacing Filarial yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk. Pertama, nyamuk yang terinfeksi virus ini memasukkan mikrofilaria ke dalam tubuh manusia melalui gigitannya.

Larva tersebut kemudian akan mulai berkembang dan menyerang kelenjar limfa. Manusia yang terinfeksi akan mengalami penyumbatan pada kelenjar limfa. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kaki atau yang sering disebut dengan penyakit kaki gajah. 
  • Vandellia Cirrhosa, ikan vampire
Apakah Anda pernah mendengar mengenai ikan piranha ? Ini merupakan ikan kanibal pemakan daging dan mungkin bisa dikatakan sebagai salah sartu ikan yang menakutkan. Namun, menurut penduduk yang tinggald i dekat sungai Amazon, ternyata ada ikanlain yang lebih mereka takuti, yaitu Candiru atau canero (Vandellia Cirrhosa) atau disebut juga ikan vampire.

Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang hanya berukura 1 inci saja. Tetapi, sifatnya yang parasit membuat ikan ini menyeramkan. Setelah masuk ke dalam tubuh manusia, sedikit demi sedikit ikan ini akan menyedot darah layaknya vampire dalam jangka waktu yang sangat lama.
  • Naegleria Fowleri, amoeba pemakan otak
Naegleria Fowleri merupakan salah satu jenis amoeba yang hidup di air tawar, sungai, ataupun air panas. Dan hebatnya lagi, amoeba ini mampu bertahan dalam suhu yang mencapai 113 derajat Fahreinheit sekalipun. 

Naegleria Fowleri sudah layaknya seperti zombie, karena bagian tubuh manusia yang diserangnya adalah bagian otak. Sebagian besar korban yang terinfeksi sebelumnya melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air. 

Amoeba ini akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan perlahan-lahan melalui saraf penciuman dan langsung menuju otak. Setelah otak terinfeksi, maka sistem saraf akan terganggu, sakit kepala, mual-mual, hingga muntah secara terus-menerus. Setelah otak diinfeksi penuh, maka manusia yang terinfeksi akan mengalami koma.


Artikel terkait : Hati-Hati! Infeksi Bakteri Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waspada! Infeksi Langka di Tubuh Manusia Ini Mematikan"

Posting Komentar