Hati-Hati! Infeksi Bakteri Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

Hati-Hati! Infeksi Bakteri Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian,- Selain virus, bakteri juga termasuk salah satu penyebab timbulnya infeksi. Ada banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Bakteri bisa menyebabkan penyakit pada mansuia ketika mereka masuk ke dalam tubuh. Bakteri dapat masuk ke tubuh melalui kulit, hidung, mata, vagina, atau mulut. 

Sebelum diciptakannya antibiotik, sejumlah infeksi bakteri sering kali dialami oleh banyak orang. Karena lama dan kurang mendapatkan penanganan yang tepat, maka bakteri ini justru berkembang lebih banyak dan menyebabkan infeksi semakin parah hingga menyebabkan kematian. 


Walaupun saat ini penicillin yang sering ditemukan pada antibiotik sudah ditemukan, namun ternyata bakteri bisa resisten terhadap obat. Maka dari itu, Anda tetap harus waspada. Karena ada sejumlah bakteri yang dianggap berbahaya dan mematikan jika sudah terinfeksi. 

Berikut ini merupakan infeksi bakteri yang ternyata bisa sebabkan kematian yang perlu diwaspadai, diantaranya adalah :

Demam berdarah

Sampai saat ini demam berdarah masih diwaspadai banyak orang. Di abad 18 dan 19, demma berdarah dianggap sebagai pembunuh yang sering mengintai anak-anak. Walaupun tanda awalnya disertai dengan radang tenggorokan, namun demam ini juga disusul dengan demam tinggi hingga akhirnya timbul ruam merah yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus. 

Jika kondisi ini terlambat ditangani, maka bakteri bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya pada tubuh, meliputi ginjal, jantung, sampai berujung pada kematian. 

Beruntungnya, saat ini demam berdarah mudah diobati dengan antibiotik. Meskipun masih berpotensi dapat menyebabkan kematian dan cedera jangka panjang bagi penderita jika tidak menerima perawatan yang cepat.

Tetanus

Penyakit ini sering tercatat dari infeksi luka yang tersebar melalui tanah dan benda yang melukai kulit tubuh. Tetanus sendiri disebabakn oleh bakteri clostridium tetani yang bersifat neurotoksin dan menyerang sarap tepi manusia. Sehingga dapat menyebabkan kejang otot, gertakan gigi dan spasme otot yang cukup mematahkan tulang. 

Selain itu, bakteri tetanus juga bisa menghancurkan sel darah merah dan leukosit. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka infeksi ini akan sangat mematikan akibat kelumpuhan otot pada pernapasan. 

Obat-obatan seperti penghambat otot skeletal, antibiotik, antitoksin, globulin imun, dianggap dapat membantu pasien bertahan hidup dari infeksi yang mematikan ini. 

E.coli

Bakteri E.coli bisa dibilang berbahaya karena menghasilkan zat yang disebut Shiga toxin. Biasanya orang-orang mendapatkan bakteri ini dari makanan dan air yang telah terkontaminasi oleh kotoran. 

Jika sudah mencapai tahap yang parah, bakteri akan menyebabkan kolitis hemoragik. Orang dengan kondisi tersebut akan mengalami diare parah sampai berdarah. Jika tidak diobati, maka penderita akan mengalami dehidrasi, kerusakan ginjal, hingga kehilangan darah. 

Antrax

Antrax atau sering disebut juga dengan penyakit sapi gila merupakan infeksi bakteri bacillus anthracis. Bakteri ini akan berkembang dan fatal jika masuk ke dalam tubuh binatang atau manusia. 

Spora yang dihasilkan oleh bakteri akan menjadi racun hingga berdampak pada organ tubuh, meliputi paru-paru dan kulit. Biasanya antrax dianggap sebagai penyakit menular dan ganas. 

Gejala pertama yang terlihat yaitu seperti gejala flu disertai dengan nyeri dada dan sesak napas. Biasanya orang yang meninggal akibat penyakit ini disebabkan karena infeksi sudah terjadi parah hingga ke aliran darah. Terkadang bakteri yang sudah menginfeksi otak dan sum-sum tulang berpotensi menyebabkan kematian. Terserangnya penyakit antrax bisa terjadi akibat makan daging yang kurang matang. 

Tuberkulosis

Penyakit ini dianggap mematikan karena bakteri mycobacterium tuberculosis menjadi penyebab utama terjadinya infeksi paru-paru. Diabad ke 19 dan 20, penyakit ini membuat takut banyak orang apalagi penyebarannya secara menular sebelum vaksin berkembang. 

Biasanya penderitanya akan mengalami batuk berdarah, kesulitan bernapas, hingga penurunan berat badan secara drastis. Jika terlambat ditangani, maka hal ini akan menyebabkan kematian. Selain itu, bagi mereka yang pernah mengalami tuberkulosis, maka diperlukan perawatan hingga bertahun-tahun dengan antibiotik untuk memusnahkannya secara total dari tubuh. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hati-Hati! Infeksi Bakteri Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian"

Posting Komentar