Cara Mencegah dan Mengatasi Infeksi Jamur Kulit pada Wajah

Cara Mencegah dan Mengatasi Infeksi Jamur Kulit pada Wajah,- Infeksi jamur kulit merupakan salah satu penyakit yang sangat sering kita temui, atau mungkin bahkan pernah kita alami. Infeksi jamur kulit yang ringan umumnya menimbulkan ruam pada kulit. Ruam tersebut tidak berbahaya, namun bisa terasa gatal dan mengganggua penampilan. 

Orang-orang yang aktif bergerak dan berkeringat lebih sering terkena infeksi  jamur kulit, terutama jika tidak menjaga kebersihan diri dengan harti-hati. Penderita diabetes juga merupakan kelompok yang rentan terkena infeksi jamur kulit. Selain itu, infeksu jamur kulit juga sering ditemui pada bayi dan balita yang menggunakan popok. Namun, secara umum infeksi jamur kulit ini bisa menyerang pada siapa saja. 


Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghindarkan diri dari infeksi jamur. Selain menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan diri merupakan salah satu kunci untuk mencegah infeksi jamur kulit, terutama bagi Anda yang aktif bergerak, senang berolahraga, atau sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Juga cucilah wajah dua kali sehari secara teratur untuk menghindari timbulnya bakteri penyebab infeksi jamur pada kulit wajah

Selain itu, jangan gunakan seprai, sarung bantal, selimut, atau benda-benda lainnya dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka gantilah seprai dan sarung bantal satu kali seminggu. Sedangkan untuk kulit wajah yang tergolong normal, Anda bisa menggantinya 2 kali dalam seminggu. Bagi Anda yang memiliki binatang peliharaan di rumah, jangan lupa untuk rajin menjaga kebersihannya juga. 

Namun, jika Anda terlanjur mengalami infeksi jamur kulit pada wajah, penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan krim atau salep khusus pada bagian kulit yang terkena infeksi. Namun, jika infeksi sudah sangat menyebar, maka dokter dapat meresepkan obat antijamur yang diminum. 

Obat antijamur bekerja dengan cara menghancurkan dinding sel jamur sehingga isi sel keluar dan sel jamur mati, atau dengan menghambat sel-sel jamur bertumbuh dan berkembang biak. 

Artikel terkait : Obat Alami Infeksi Kulit Wajah

Beberapa jenis obat antijamur yang bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur kulit, diantaranya :
  • Antijamur topikal (oles), digunakan langsung ke kulit yang terkena infeksi.
  • Antijamur oral (minum), dalam bentuk kapsul, pil, atau cair. Diberikan jika infeksi jamur kulit menyebar dan tidak dapat diatasi dengan obat antijamur topikal. 

Gunakanlah obat ini sesuai dengan anjuran pakai, jangan melebihi atau mengurangi jumlah penggunaan yang diharuskan. Obat harus tetap digunakan selama beberapa hari setelah ruam di kulit hilang, untuk mematikan sisa-sisa jamur yang masih tertinggal. 

Obat antijamur topikal dijual bebas di apotek dan toko-toko, dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep. Jika kondisi infeksi tidak ada perubahan setelah penggunaan obat topikal selama 1 sampai 2 minggu, maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk memberitahu dokter mengenai obat-obatan lain yang sedang dikonsumsi, untuk menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mencegah dan Mengatasi Infeksi Jamur Kulit pada Wajah"

Posting Komentar