Usir Infeksi Virus dan Bakteri dengan 10 Makanan Ini !

Usir Infeksi Virus dan Bakteri dengan10 Makanan Ini !,- Penyakit infeksi biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, yang menyebabkan pertahanan tubuh menjadi lemah. Terkadang, kedua infeksi ini memiliki tanda-tanda yang sama pada orang yang terkena infeksi tersebut, seperti batuk, demam, hidung berair, diare, radang, muntah, dan lemas. 

Virus dan bakteri adalah dua mikroba yang berbeda. Dalam beberapa kasus, infeksi virus mengakibatkan komplikasi serta risiko kesehatan yang lebih besar daripada infeksi bakteri. Hal ini disebabkan karena virus bisa lebih pintar daripada bakteri, sehingga menyebabkan infeksi yang lebih parah.


Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi serta menghindari infeksi virus dan bakteri, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat yang diduga mampu mengatasi infeksi. Berikut ini merupakan 10 makanan untuk usir infeksi virus dan bakteri yang bisa dikonsumsi, yaitu :
  • Bawang putih
Salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan antibiotik yang ampuh dalam mengatasi berbagai jenis infeksi. Bawahng putih bisa dikonsumsi secara langsung atau digunakan sebagai obat luar. Anda bisa mengonsumsinya mentah-mentah di pagi hari, atau juga memasukkannya dalam masakan.
  • Kunyit
Salah satu rempah ini juga memiliki kemampuan yang baik untuk mengurangi gejala infeksi. Kandungan curcumin yang dimilikinya dipercaya mampu menjaga tulang dan persendian, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit arthritis atau radang sendi. Selain itu, kunyit juga merupakan bahan herbal yang dapat membantu menjaga kesehatan hati. Adapun hati merupakan salahs atu organ yang berfungsi untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. 
  • Jahe
Jahe memang diketahui memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, terutama dalam pertahanan tubuh. Sifat antibakteri dan antibiotik pada salah satu jenis umbi akar ini dipercaya ampuh melindungi tubuh dari infeksi virus flu dan faringitis. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa memarut jahe dan mencampurkannya pada makanan atau pada teh herbal. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan madu pada teh jahe untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Namun, perlu diingat jangan mengonsumsi jahe secara berlebihan. 
  • Kayu manis
Selain lezat, kayu manis juga mengandung sejumlah besar antioksidan dan mineral seperti kalsium, serat, zat besi, dan magnesium. Cukup mengonsumsi sejumput saja, Anda sudah bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Selain itu, kayu manis juga bersifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Anda yang memiliki penyakit inflamasi seperti radang sendi, rematik, dan diabetes dianjurkan unruk mengonsumsi bahan alami ini. 
  • Buah beri
Keluarga buah beri, seperti blueberry, ceri, raspberry, dan stroberi memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Walaupun berukuran kecil, tetapi buah-buahan tersebut mengandung polifenol, fitokimia, dan flavonoid yang dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya sebagai kudapan penutup.
  • Jeruk bali
Jeruk yang berukuran raksasa ini merpakan sumber vitamin C yang baik untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Selain itu, jeruk bali juga dipercaya mampu menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh ragi dan memungkinkan pemulihan yang lebih cepat. Selain jeruk bali, untuk melawan virus dan bakteri, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C lainnya, seperti diantaranya kiwi dan stroberi.
  • Sayuran hijau
Selain segar, sayuran seperti bayam, kangkung, dan selada juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi sayuran hijau dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Namun, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsinya dalam kondisi mentah, tetapi jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. 
  • Biji-bijian
Biji-bijian seperti gandum dan sebagainya memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Indeks glisemik yang rendah menjadikan konsumsi biji-bijian dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. 
  • Makanan fermentasi
Makanan kaleng dan asinan merupakan jenis makanan hasil fermentasi. Makanan tersebut mengandung probiotik yang setara dengan yoghurt. Ketika proses fermentasi, akan terbentuk vitamin dan enzim pencernaan pada makanan tersebut. Maka dari itu, ketika dikonsumsi, risiko peradangan dapat diminimalisisr dan juga dapat memungkinkan terjadinta detiksifikasi. 
  • Yoghurt
Hasil fermentasi susu ini mengadnung bakteri baik yang disebut probiotik. Kandungan bakteri pada yoghurt dapat membantu mengobati infeksi. Hal ini akan terjadi jika terdapat ketidakseimbangan antara bakteri baik dan yang berbahaya bagi tubuh. Anda dapat mengonsumsi yoghurt saat sarapan. Sebaiknya konsumsi yoghurt rendah gula, untuk membantu mempercepat pemulihan jika sudah terjadi infeksi.


Baca juga :

Antibiotik Alami untuk Melawan Infeksi Bakteri
Jarang Bersihkan Pusar Sebabkan Infeksi Ini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Usir Infeksi Virus dan Bakteri dengan 10 Makanan Ini !"

Posting Komentar