Menakjubkan! Ternyata Lemak Tubuh Bisa Melawan Infeksi

Menakjubkan! Ternyata Lemak Tubuh Bisa Melawan Infeksi,- Banyak orang, khususnya wanita sering mengeluhkan dengan lemak berlebih yang menyebabkan berat badan semakin bertambah. Namun, apakah Anda tahu bahwa tumpukan lemak dalam tubuh tidak selalu buruk. Selain sebagai cadangan energi, lemak juga disebut-sebut mampu membantu tubuh dalam melawan bakteri penyakit.

Penelitian dari UC Sand Diego School of Medicine mencoba melakukan percobaan pada tikus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peran lemak di dalam tubuh. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 didalam Science Mag ini, sengaja memberikan infeksi bakteri penyakit berupa staphylococcys aureus pada tikus yang menjadi bahan percobaan saat itu. Kemudian para peneliti menyuntikkan lebih banyak lemak di daerah permukaan kulit tikus. 

Dari penelitian tersebut mereka menemukan hasil yang cukup mengejutkan, yaitu lemak dapat membantu tubuh untuk melawan bakteripenyakit yang bisa menyebabkan kulit terinfeksi. Staphylococcus aureus sendiri merupakan jenis bakteri yang menjadi penyebab utama masalah infeksi kulit dan jaringan lunak pada manusia. 


Lalu, bagaimana bisa lemak tubuh bisa melawan bakteri penyakit ?

Lemak tubuh yang berhasil melemahkan pertahanan bakteri Staphylococcus aureus merupakan lemak adiposa. Lemak ini merupakan simpanan lemak tubuh yang dimiliki oleh setiap orang. Semua makanan yang berkalori, akan diubah oleh tubuh menjadi lemak dan disimpan dalam sel adiposit. Sel adiposit ini menyebar di seluruh bagian tubuh, ada yang berada diantara organ dan lainnya berada di bawah permukaan kulit. 

Dalam penelitian tersbeut juga diketahui bahwa lemak adiposa menghasilkan zat yang disebut dengan cathelicidin, yaitu zat yang dapat meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh. Sehingga sel-sel darah putih bekerja lebih efektif dan cepat dalam menghilangkan semua bakteri penyakit yang menginfeksi. 

Selain itu, sebuah penelitian baru mengungkapkan bawha sel yang ditemukan dalam lemak justru mungkin sangat penting untuk membantu tubuh melawan infeksi. Sebuah tim yang diketuai oleh Yasmine Belkaid dari Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat, meneliti dnegan objek percobaan tikus dna monyet untuk menganalisis sel-sel yang tersimpan dalam lemak. 

Mereka menemukan adanya sejenis sel kekebalan tubuh didalam lemak tikus yang disebut dengan sel memori T. Sel memori T belajar melawan infeksi dari paparan sebelumnya terhadap patogen, seperti yang dinyatakan oleh New Scientist. 

“Setelah terkena patogen, mereka memasang respons yang lebih kuat saat mereka bertemu lagi,” tulis laporan penelitian.

Tikus bukan satu-satunya hewan yang tercatat memiliki sel memori T di tubuh mereka yang gemuk. Sel memori yang terdeteksi di lemka tubuh monyet juga ditemukan dapat melawan infeksi secara efisien. Ini berarti bahwa sel memori yang tersimpan dalam lemak kita mungkin memiliki fungsi yang lebih penting daripada yang direalisasikan sebelumnya. 

Walaupun memiliki manfaat, tetapi Anda tetap harus membatasi konsumsi makanna yang mengandung lemak tinggi dan perhatikan jenis lemak yang akan Anda konsumsi. Pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi memiliki lebih banyak kandungan lemak tak jenuh daripada lemak jenuh, seperti ikan, alpukat, dan berbagai jenis kacang-kacangan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menakjubkan! Ternyata Lemak Tubuh Bisa Melawan Infeksi"

Posting Komentar