Wajib Tahu! Vaksin Meningitis Dapat Cegah Penyakit Gonore

Wajib Tahu! Vaksin Meningitis Dapat Cegah Penyakit Gonore,- Saat ini perkembangan penyakit menular seksual semakin meningkat di masyarakat, termasuk  gonore. Sebelumnya, ada ketahutan bahwa penyakit ini tidak bisa diobati karena resisten terhadap antibiotik. Namun, sebuah vaksin telah ditemukan terbukti dapat melindungi tubuh dari infeksi gonore. 

Sedikit deni sedikit harapan untuk pasien gonore segera hadir. Setidaknya, kesembuhan penderita gonore bisa dicapai setelah peneliti yang melakukan vaksinasi pada penderita meningitis mengetahui jika vaksin ini cukup ampuh untuk melawan bakteri gonore. 

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet ini, menyebutkan bahwa vaksinasi meningitis menjadi imunisasi pertama yang menunjukkan adanya perlindungian terhadap gonore. Ini menunjukkan jalan baru untuk mencari vaksin gonore. 


Dalam penelitian ini, tim menggunakan data dari 11 klinik kesehatan seksual untuk orang berusia 15 sampai 30 tahun yang didiagnosis mengidap gonore atau klamidia, atau keduanya. Mereka juga memenuhi syarat untuk diimunisasi terhadap meningitis pada tahun 2004-2006.

Mereka yang telah divaksin secara signifikan cenderung mengalami penurunan bakteri gonore sebesar 31%. Temuan ini tentu dapat memberikan informasi mengenai pengembangan vaksin di masa depan untuk menciptakan vaksin gonore yang sesungguhnya. 

Meskipun berbeda jenis penyakit, namun bakteri Neisseria gonorrhoeae dan Neisseria meningitidis merupakan kerabat dekat dan memiliki pervovokan genetik hingga 90%. Hal ini memberikan mekanisme yang masuk akal secara biologis.

Dengan ditemukannya hal ini, WHO berharap ada pengembangan vaksin baru. Ada harapan tinggi bahwa tubuh bisa mendapat perlindungan silang dari vaksin. Meskipun mengembangkan vaksin untuk gonore tidak bisa langsung dilakukan, namun beberapa bukti yang timbul dari hasil penelitian bisa memungkinkan terajdinya pengembangan vaksin di masa depan. 

Baca juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wajib Tahu! Vaksin Meningitis Dapat Cegah Penyakit Gonore"

Posting Komentar