Benarkah Penyakit Gonore Bisa Diatasi dengan Obat Kumur ?

Benarkah Penyakit Gonore Bisa Diatasi dengan Obat Kumur ?,- Penyakit gonore atau kencing nanah lebih banyak dialami oleh pria, terutama pria biseksual di kawasan negara berkembang. Tingkat kesadaran penggunaan kondom yang rendag bisa memicu timbulnya penyakit gonore. 

Selain terjadi pada saluran kemih pria dan mulut rahim pada wanita, penyakit gonore juga bisa menginfeksi rongga mulut. Namun, Anda tidak perlu khawatir, penelitian terbaru menyebutkan jika pertumbuhan bakteri ini dapat dihentikan dengan berkumur menggunakan obat kumur. 


Obat kumur memang sudah sejak lama diketahui dapat membunuh beberapa jenis bakteri. Bahkan, pada tahun 1879, salah satu produk obat kumur, Listerin mengklaim mampu mengobati gonore. Namun, lebih dari 100 tahun sejak perusahaan itu mengiklankan produknya, tidak ada penelitian ilmiah yang mencoba membuktikan kebenarannya. 

Dalam sebuah penelitian, para ahli menguji apakah Listerin memang dapat membunuh N. gonorrhoeae (bakteri penyebab gonore) dalam dua kali uji coba. 

Percobaan pertama dilakukan pada dua jenis produk Listerin, yaitu Cool Mint dan Total Care, untuk menghentikan pertumbuhan bakteri di cawan patri. Tim peneliti memilih dua produk tersebut karena mengandung alkohol sehingga mungkin bisa menghambat pertumbuhan bakteri. 

Produk obat kumur itu diuji pada berbagai cairan dan diketahui dalam rasio satu banding empat antara Listerin dan air ternyata pertumbuhan bakteri bisa ditekan setelah satu menit.

Kemudian para ahli menguji obat kumur tersebut pada 58 pria yang positif mengidap gonore di tenggorokan. Para pria tersebut diberi cairan garam atau Listerin Care Mint kemudian berkumur selama 1 menit. 5 menit kemudian dites kembali gonore dalam tenggorokan para responden. 

Hasilnya, pria yang berkumur dengan Listerin jumlah bakteirnya 80% lebih sedikit dibandingkan dengan merka yang berkumur dengan cairan garam. Meskipun demikian, lokasi infeksi di tenggorokan juga berperan dana hal efektivitas obat kumur. Obat kumur itu lebih efektif membunuh bakteri di tonsil dibandingkan dengan tenggorokan lebih bawah. 


Belum jelas juga apakah melawan gonore yang ditemukan di tenggorokan juga dapat mengurangi infeksi gonore yang ditemukan di bagian tubuh lain, seperti saluran kencing. Namun demikian, studi sebelumnya menyebutkan jika infeksi ditenggorokan menjadi sumber infeksi di saluran kencing dan anal. 

Pada umumnya, gonore banyak menyerang pria biseksual yang berusia muda. Penyakit itu disebarkan melalui seks vaginal, oral seks, atau seks anal dengan pasangan yang terinfeksi gonore. Dalam tahap awal, gejala ini termasuk ringan bahkan tidak dapat disadari tanda kemunculannya.

Jika tidak segera diobati, maka gonore dapat menyebabkan masalah pada prostat dan testis, sedangkan wanita yang mengidap gonore dapat menyebabkan masalah pada prostat dan testis, sedangkan wanita yang mengidap gonore dapat memicu penyakit radang panggul, yang menyebabakn kemandulan dan masalah kehamilan, menurut AS National Institutes of Health. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Benarkah Penyakit Gonore Bisa Diatasi dengan Obat Kumur ?"

Posting Komentar