Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Infeksi Pencernaan

Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Infeksi Pencernaan,- Apakah Anda pernah mengalami muntah-muntah setelah makan atau minum sesuatu ? Kondisi ini biasanya disebabkan karena keracunan makanan. Namun, selain itu, ternyata muntah setelah makan atau minum sesuatu juga bisa disebabkan karena infeksi pencernaan. 

Sebenarnya infeksi pencernaan sering terjadi. Namun, banyak orang yang mengabaikan gejalanya, sehingga akhirnya infeksi berkembang semakin parah dan harus mendapatkan perawatan lebih lanjut. 


Infeksi ini biasanya disebabkan karena adanya bakteri jahat di dalam organ sistem pencernaan. Bisa di lambung, usus, atau pada organ lainnya. Jenis bakteri yang bisa memicu infeksi pencernaan diantaranya yaitu E. coli, salmonella dan shigella.

Timbulnya bakteri tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan juga terdapat beberapa kebiasaan yang bisa memicu timbulnya bakteri penyebab infeksi pencernaan tersebut. Berikut ini merupakan kebiasaan buruk yang bisa memicu infeksi pencernaan, yaitu :
  • Mengonsumsi makanan mentah

Ada beberapa jenis menu makanan yang disajikan dalam keadaan mentah, salah satu contohnya yaitu sushi. Salah satu makanan khas negeri sakura, Jepang ini cukup banyak disukai dan merupakan salah satu makanan paling populer di seluruh dunia. Namun, sayangnya tidak semua sushi sehat. Pasalnya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya sushi memanfaat daging mentah atau telur mentah sebagai bahan pembuatannya. 

Daging dan telur mentah bisa saja memiliki kandungan bakteri dan bahkan kuman yang bisa memicu infeksi pada organ pencernaan. Jadi, sebaiknya Anda hati-hati dalam memilih sushi yang akan dikonsumsi. 
  • Minum sembarangan

Ketika merasa haus, sebaiknya jangan minum minuman secara sembarangan. Pasalnya, kita tidak tahu kualitas air yang digunakan untuk membuat minuman tersebut. Meminum air yang sebelumnya telah terkontaminasi oleh bakteri akan menyebabkan infeksi pada organ pencernaan. 

Itulah 2 kebiasaan yang bisa menyebabkan infeksi pencernaan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda harus lebih berhati-hati saat akan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Infeksi Pencernaan"

Posting Komentar