Hati-Hati! Ternyata Sabun Biasa Bisa Sebabkan Infeksi Vagina

Hati-Hati! Ternyata Sabun Biasa Bisa Sebabkan Infeksi Vagina,- Setiap wanita tentu ingin memiliki vagina yang bersih dan sehat. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka area intim ini harus benar-benar di jaga dan diperhatikan dengan baik. Menjaga kesehatan dan kebesihannya memerlukan perhatian ekstra karena lokasinya yang sulit untuk dijangkau dan tidak terlihat. Anda juga tidak boleh sembarangan memberi bahan-bahan tertentu ke daerah intim, misalnya saja sabun.

Tidak sedikit wanita yang tidak percaya diri dengan bau vagina yang mereka miliki. Maka dari itu, tidak jarang mereka menggunakan sabun mandi agar miss V-nya wangi dan bersih. Padahal, menggunakan sabun biasa untuk membersihkan vagina merpakan hal yang tidak baik. Pasalnya, sabun biasa bisa bikin vagina terkena infeksi, iritasi, bahkan bacterial vaginosis. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sabun yang tidak kusus untuk daerah intim dapat merusak jaringan di daerah miss V, sehingga organ intim wanita lebih mudah terkena infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus herpes, bakteri Chlamydia hingga virus HIV. Penggunaan sabun juga dapat menyebabkan bacterial vaginosis, yaitu kondisi dimana keseimbangan bakteri baik di dalam daerah intim terganggu. 

Daerah kewanitaan memang tidak boleh terpapar produk yang dapat menurunakn kadar keasaman (pH), kerena dapat mengganggu perkembangan bakteri baik yang melindungi vagina. Produk-produk sabun mandi, shower gel, dan sabun pembersih yang mengandung parfum ternyata berisiko tinggi menyebabkan infeksi pada miss V. 


Saat membersihkan miss V, sangat disarankan untuk tidak menggunakan sabun mandi dengan parfum atau pewangi. Hal ini disebabkan karena sebenarnya vagina mampu mermbersihkan dirinya sendiri. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak perlu membersihkan vagina. Hal ini dimaksudkan agar Anda sebaiknya tidak membersihkan bagian dalam miss V, tetapi bagian luarnya pasti tetap Anda harus jaga kebersihannya. 

Area kewanitaan yang tidak dibersihkan secara rutin tetap bisa menimbulkan infeksi dan iritasi. Terlebih lagi jika Anda sedang memasuki masa haid atau setelah berhubungan seksual. Saat itu. pH miss V terganggu karena darah dan air mani memiliki pH yang basa yaitu diatas 7. 

Karena sabun mandi biasa yang memiliki aroma menyengat dan memiliki pH yang basa, maka tidak disarankan digunakan untuk membersihkan vagina. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang tidak memiliki wangi, memiliki pH yang sesuai, serta yang terpenting memiliki kandungan povidone-iodine. Povidone-iodine merupakan zat yang telah terbukti mampu mengatasi bakteri, jamur, dan parasit jahat penyebab gatal dan iritasi ringan pada vagina. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hati-Hati! Ternyata Sabun Biasa Bisa Sebabkan Infeksi Vagina"

Posting Komentar