Mewaspadai Bahaya Infeksi Influenza pada Ibu Hamil

Mewaspadai Bahaya Infeksi Influenza pada Ibu Hamil,- Ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa dialami saat hamil, salah satunya yaitu infeksi influenza atau flu. Namun, ibu hamil tidak boleh menyepelekan kondisi ini. Berbagai studi telah menunjukkan bahwa infeksi influenza saat hamil bisa menimbulkan bahaya jika tidak ditangani dengan baik. 

Karena alasan tersebut, ibu hamil termasuk salah satu kelompok yang sangat direkomendasikan World Health Organization (WHO) untuk mendapatkan vaksin influenza tahunan. 


Berdasarkan pengamatan WHO saat pandemi influenza terjadi, jumlah kematian tertinggi ada pada kelompok ibu hamil. Ini alasan pertama mengapa ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin influenza. 

Selain itu, ibu hamil yang mengalami influenza juga berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Bayi lahir dengan kondisi BBLR bisa terjadi karena infeksi influenza mengakibatkan proses inflamasi yang sangat mengganggu ibu hamil.

Demam yang dialami ibu hamil akibat infeksi influenza bisa mempengaruhi penyerapan nutrisi bayi. Penyerapan nutrisi yang tidak optimal ini pada akhirnya akan memengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. 

Selain itu, infeksi influenza yang terjadi selama kehamilan juga bisa menyebabakn bayi lahir kurang bulan. Risiko ini bisa terjadi jika ibu hamil terkena infeksi influenza pada trimester kedua atau ketiga. 


Penyakit influenza atau flu pada dasarnya berbeda dengan penyakit batuk pilek biasa yang dikenal sebagai salesma. Penyakit influenza biasanya terjadi dalam waktu lebih dari 7 hari dengan onset gejala yang mendadak.

Gejala penyakit influenza mungkin bisa diatasi dengan obat-obatan yang beredar bebas di pasaran. Namun, infeksi virus influenza hanya bisa diatasid engan penggunaan obat antivirus. 

Maka dari itu, solusi terbaik untuk mengatasi infeksi influenza adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi influenza sudah terbukti aman, termasuk pada ibu hamil dan janin. Ibu yang mendapatkan vaksin influenza saat hamil bahkan bisa mewariskan kekebalan tubuh terhadap influenza pada bayi yang dilahirkan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mewaspadai Bahaya Infeksi Influenza pada Ibu Hamil"

Posting Komentar