Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit Infeksi Empedu

Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit Infeksi Empedu,- Radang empedu atau infeksi empedu merupakan penyakit yang ditandai dengan peradangan, infeksi, dan penyumbatan pada kantung empedu. Radang empedu merupakan penyakit yang tidak memiliki gejala yang khas. Bahkan, terdapat kemiripan gejala antara penyakit maag atau lambung dengan penyakit radang empedu. Terkadang, kemiripan gejala ini membuat orang sulit membedakan apakah dirinya mengidap penyakit radang kantung empedu atau sakit maag.


Penyebab Infeksi Empedu

Penyakit infeksi empedu atau disebut juga kolesistitis biasanya terjadi ketika kantung empedu yang mengarah ke usus kecil terhalang oleh batu. Akibatnya, kantung empedu disimpan di kantung empedu, yang menyebabkan pembengkaka, nyeri dan kemungkinan infeksi empedu.

Selain batu empedu, peradangan dan infeksi empedu juga bisa disebabkan oleh adanya tumor di pankreas atau hati, mengurangi suplai darah ke kantung empedu, infeksi bakteri yang menyerang sistem saluran empedu, sedimen empedu, dan timbulnya bekas luka.

Walaupun jarang terjadi, infeksi empedu juga bisa terjadi sebagai komplikasi penyakit berat. Misalnya, diabetes atau HIV. Jika infeksi peradangan dan empedu berlangsung lam, dinding kantung empedu bengkak menjadi keras dan tebal.

Gejala Infeksi Empedu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gejala penyakit infeksi empedu hampir mirip dengan gejala sakit maag. Sehingga sulit untuk membedakan gejala awal kedua penyakit tersebut. Cara paling mudah dan akurat untuk mengetahui penyakit pada saluran pencernaan adalah dengan melakukan USG.

Walaupun begitu, terdapat beberapa gejala yang dapat mengarah pada penyakit infeksi empedu, diantaranya adalah :
  • Gejala utama : Nyeri parah di bagian kanan atas perut (bawah tulang rusuk). Rasa sakit bisa menyebar ke punggung atau bahu kanan dan cenderung berlangsung selama beberapa jam, bahkan lebih dari 6 jam. Nyeri juga cenderung terjadi setelah makan dan menjadi lebih seriys jika Anda menarik napas dalam-dalam. 
  • Perut terasa sakit saat disentuh
  • Demam
  • Mual
  • Muntah
  • Perut kembung
Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, maka alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Dengan melakukan pemeriksaan, maka dokter bisa menentukan langkah pengobatan infeksi kantung empedu yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mewaspadai Penyebab dan Gejala Penyakit Infeksi Empedu"

Posting Komentar