Ternyata Jarang Pakai Kaus Kaki Bisa Picu Infeksi Jamur

Ternyata Jarang Pakai Kaus Kaki Bisa Picu Infeksi Jamur,- Biasanya sepatu selalu diidentikkan dengan kaus kaki. Namun, saat ini tren menggunakan sepatu tanpa kaus kaki atau sockless tengah ramai di kalangan pria urban. Sederet selebriti pria, seperti Sam Smith, Tinie Tempah, dan Jude Law diketahui tengah melakukan tren tersebut dan memamerkan pergelangan kaki mereka atau lebih dikenal mankels. 

Walaupun tengah menjadi tren, ternyata jarang pakai kaus kaki bisa picu infeksi jamur, terutama pada pria. College of Podiatry, AS memaparkan bahwa terdapat peningkatan infeksi jamur pada kaki pria karena tren menggunakan sepatu tanpa kaus kaki ini. 


Podiatris Emma Stephenson mengungkapkan bahwa terdapat banyak pria dalam rentang usia 18 hingga 25 tahun yang memiliki masalah kaki yang disebabkan oleh tren sockless, dan kebiasaan menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki. 

Setiap harinya kaki berkeringat sekitar setengah pint (1 pint=568 ml). Jumlah tersebut termasuk jumlah yang banyak untuk bersentuhan langsung dengan sepatu tanpa diserap oleh kaus kaki. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kaki lembab dan hangat bisa menyebabkan infeksi jamur seperti athlete's foot, infeksi yang memengaruhi daerah diantara jemari kaki dan menyebabkan gatal, pengelupasan kulit, dan scaling. 

"Salah satu insiden parah yang pernah aku saksikan ialah seorang pria 19 tahun yang bekerja di tempat cuci mobil. Ia memiliki kaki yang selalu berkeringat dan terkena trench foot," jelas Emma memaparkan konsekuensi membiarkan kaki basah dan lembap.

Stephenson menjelaskan bahwa sepatu yang basah ataupun lembab harus dikeringkan selama 48 jam untuk mencegah perkembangan bakteri. Ia menganjurkan untuk menggunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki dan terbuat dari bahan yang breatheble agar terhindar dari infeksi jamur dan masalah kaki lainnya, seperti lecet dan kapalan. 

Selain itu, Stephenson juga menyarankan untuk meletakkan kantong teh kering di dalam sepatu dan membiarkannya menyerap sisa keringat. Cara lain yang ia ungkap untuk menghindari kaki lembab adalah dengan menyemprotkan antiperspirant pada kaki. 


Baca juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata Jarang Pakai Kaus Kaki Bisa Picu Infeksi Jamur"

Posting Komentar