Mengenal Infeksi Perikarditis yang Menyerang Dani Carvajal

Mengenal Infeksi Perikarditis yang Menyerang Dani Carvajal,- Kabar mengejutkan datang dari dunia seoakbola Internasional, dimana salah satu bek terbaik di dunia dari klub Real Madrid, Dani Carvajal didiagnosis mengalami gangguan jantung atau tepatnya infeksi perikardium. Dengan kondisinya saat ini, maka ia dinyatakan secara resmi harus menjalani istirahat. Mengingat karirnya yang sangat cemerlang, para penggemar tentu mempertanyakan apakah penyakit yang dialaminya ini akan mempengaruhi karirnya di dunia sepakbola kedepannya. 


Pihak manajemen dari klub tersebut belum bisa memastikan kapan ia akan kembali tampil karena harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan lama pengobatan yang akan dilakukannya. 

Lalu, apa itu infeksi perikardium ?

Infeksi perikardium atau yangbiasa disebut dengan perikarditis adalah peradangan yang terjadi pada kardium (selaput jantung) karena adanya serangan virus. Menurut keterangan dari dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari Mayapada Hospiyal Lebak Bulus, infeksi ini bisa menyerang siapapun dan kapanpun. 

Gejala awal dari infeksi perikardium diantaranya adalah rasa nyeri pada dada yang sangat luar biasa yang datang secara tiba-tiba. Penderitanya harus segera memeriksakan gejala ini untuk mengetahui apakah dirinya terkena infeksi perikardium atau tidak. Jika benar, maka ia harus menjalani pengobatan intensif. 

dr Ayuthia menyebutkan bahwa untuk pengobatan infeksi perikardium sendiri disesuaikan dengan tingkat keparahan peradangan pada bagian selaput jantung. Jika peradangan ini dideteksi lebih dini, maka pengobatannya cenderung lebih  mudah untuk dilakukan sehingga penderitanya bisa segera sembuh. 

Sebagaimana kasus yang menimpa Carvajal, penderita infeksi perikardium memang mau tidak mau harus beristirahat total dari aktifitasnya sehari-hari. Bahkan, untuk berolahraga pun sebaiknya tidak dilakukan hingga peradangan ini bisa dipastikan telah benar-benar sembuh. 


Baca juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Infeksi Perikarditis yang Menyerang Dani Carvajal"

Posting Komentar