Sebelum Infeksi, Lakukan Ini Setelah Digigit Kucing

Sebelum Infeksi, Lakukan Ini Setelah Digigit Kucing,- Memiliki hewan peliharaan memang akan sangat menyenangkan. Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih sebagai hewan pilihan. Selain lucu, kucing juga merupakan hewan yang mengegmaskan dan bisa menjadi hewan yang paling lembut di dunia. 

Walaupun begitu, terkadang kucing juga bisa bersikap agresif dan tidak jarang bisa mencakar hingga menggigit pemiliknya atau siapapun yang berada di sekitarnya. Pada kasus tertentu, gigitan atau cakaran kucing mungkin tidak menyebabkan infeksi. Namun, jika bekas cakaran atau gigitan menjadi bengkaka dan nyeri, maka bisa Anda mengalami infeksi. 


Infeksi yang disebabkan oleh cakaran atau gigitan kucing merupakan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Bakteri bartonella henselae, bakteri yang menyebabkan penyakit ini, hidup dalma ludah kucing yang terinfeksi, namun bakteri tersebut tidak membuat hewan ini menjadi sakit, bahkan kucing atau anak kucing dapat membawa bakteri ini dalam tubuhnya selama berbulan-bulan. 

Bakteri ini menyebar dari kucing ke kucing melalui kutu, namun belum ada bukti yang menyatakan bahwa kutu dapat menyebarkan bakteri ini kepada manusia. Manusia bisa terinfeksi bakteri ini melalui cakaran atau gigitan kucing. Pada saat kucing menjilati cakar-cakar pada kakinya, bakteri ini akan menempel pada cakarnya. Begitu juga ketika kucing menjilati bulu-bulunya makan bakteri dapat menempel pada bulu kucing. 

Luka akibat gigitan atau cakarang kucing dapat menyebabkan infeksi rabies. Maka dari itu, sangat disarankan untuk segera membersihkan luka akibat gigitan kucing di bawah air mengalir dengan menggunakan sabun dan cuci selama 15 menit setelah digigit atau dicakar kucing.

Setelah luka dicuci, kemudia bersihkan luka dengan antiseptik atau alkohol dan luka tersebut tidak boleh ditutup. Jika luka membengkak, nyeri dan kemerahan, maka luka tersebut sedang mengalami proses peradangan karena adanya infeksi. Untuk mengurangi nyeri tersebut, untuk sementara Anda boleh mengonsumsi ibuprofen. 

Setelah melakukan penanganan di rumah, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter dan beritahukan bahwa luka tersebut disebabkan oleh gigitan kucing. Dengan begitu, kemungkinan dokter akan memberikan vaksin antirabies dan membersihkan luka tersebut.


Baca juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sebelum Infeksi, Lakukan Ini Setelah Digigit Kucing"

Posting Komentar