Tips Mengatasi Infeksi Mata dengan Manfaat Bahan Alami

Tips Mengatasi Infeksi Mata dengan Manfaat Bahan Alami,- Hampir seluruh bagian tubuh pasti bisa mengalami berbagai gangguan, termasuk mata. Seperti yang diketahui, mata merupakan organ terpenting tubuh kita, sehingga kita harus menjaganya dengan benar. 

Mata seringkali mengalami berbagai gangguan, mulai dari mata merah, gatal, mata berair, hingga infeksi mata. Infeksi mata merupakan penyakit yang terjadi ketika adanya bakteri, jamur, parasit, atau virus yang menginfeksi mata. Infeksi ini dapat menyerang salah satu atau kedua mata sekaligus.


Infeksi mata umumnya disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus. Infeksi ini juga bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari hal yang sederhana seperti goresan kecil pada kornea akibat zat organik yang masuk ke mata, atau hal yang lebih serius seperti iritasi akibat zat kimia. Terkadang, penyakit akibat bakteri, virus, atau jamur lainnya yang telah diderita pasien juga bisa menyebabkan ia lebih rentan terkena infeksi mata lokal, infeksi di bagian tubuh lainnya juga dapat menyebar ke bagian mata dengan sangat mudah. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena terdapat beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi infeksi mata. Berikut ini merupakan tips mengatasi infeksi mata dengan manfaat bahan alami yang bisa Anda lakukan, diantaranya yaitu :
  • Kunyit

Kunyit merupakan ramuan herbal yang terkenal dengan sifat antiseptiknya yang kuat. Selain itu, khasiat ainti inflamasi yang juga dimilikinya dapat memberikan rasa nyaman dan efektif untuk mengobati segala jenis infeksi mata. Untuk mengolahnya cukup mudah, pertama rebus satu cangkir air hingga mendidih, kemudian masukkan 2 sendok bubuk kunyit dan diamkan hingga dingin. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada mata yang terinfeksi dengan lembut.
  • Peterseli

Peterseli diketahui dapat membantu mengeluarkan infeksi dengan sangat cepat, sehingga mempermudah proses penyembuhan. Anda cukup merebus sejumlah peterseli dengan air selama seitar 10 menit hingga mendidih. Setelah itu, celupkan kain bersih ke dalam air dan usapkan ke mata untuk mengurangi gatal serta membantu mempercepat penyembuhan. 
  • Kentang mentah

Tidak hanya bisa dinikmati sebagai hidangan, kentang juga secara efektif dapat membantu mengobati infeksi mata karena memiliki sifat zat serta sifat anti bakteri. Maka dari itu, kentang mentah bisa menjadi obat infeksi alami yang sangat bermanfaat dan cepat dalam mengobati infeksi mata. Namun, sebelum digunakan sayuran ini harus dicuci hingga bersih terlebih dahulu dan barulah parut hingga halus. Hasil parutan ini nantinya diletakkan pada kain tipis dengan ujungnya yang diikat dengan erat. Selanjutnya, tempatkan kain tersebut pada mata yang terkena infeksi selama sekitar 5 hingga 7 menit. Ulangi prosesnya minimal 2 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal.
  • Teh chamomile

Teh chamomile dikemas dengan sifat anti mikroba, anti iritasi dan anti inflamasi, sehingga baik bagi kesehatan mata. Tidak hanya membuat mata bebas dari infeksi di dekat kantung air mata, namun juga bisa membantu mengtasi infeksi mata yang paling umum, yaitu konjungtivitis. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, buatlah teh dengan menyeduh 1 sendok teh chamomile dengan 1 setengah gelas air. Lalu cuci dan tiriskan. Setelah itu, ambil kapas dan celupkan kedalam teh yang telah dibuat sebelumnya. Peras kapas dan usapkan menggunakan cotton bad di atas mata yang terinfeksi dalam satu sapuan. Jika sudah, bantalah kapas harus dibuang dan ambil yang baru untuk digunakan kembali. Ulangi proses pengobatan tersebut setiap 2 jam untuk hasil yang lebih maksimal. 
  • Kompres air dingin dan hangat

Kompres air dingin dan hangat tentu akan sangat menenangkan, dan ini merupakan salah satu cara yang efektif  untuk menghilangkan infeksi mata. Kompres dapat memperbaiki aliran darah ke mata yang terinfeksi sehingga memberikan perbaikan dan pertahanan. Caranya, celupkan kain bersih ke dalam air dingin atau hangat. Kemudian peras kain tersebut dan tempatkan dengan lembut pada mata yang terinfeksi. Ulangi proses pengobatan ini 2 hingga 3 kalis ehari untuk mengurangi infeksi dan gatal pada mata. 

Itulah beberapa tips mengatasi infeksi mata dengan manfaat bahan alami yang efektif dan mudah untuk dilakukan. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika infeksi mata masih timbul, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengatasi Infeksi Mata dengan Manfaat Bahan Alami"

Posting Komentar