Ternyata Infeksi Jamur Juga Bisa Menyerang Ketiak


Ternyata Infeksi Jamur Juga Bisa Menyerang Ketiak,- Infeksi jamur merupakan penyakit yang umum terjadi yang disebabkan oleh jamur. Terdapart sekitar 1,5 juta jenis jamur di dunia dan sebagian besar tidak berbahaya. Namun, ada beberapa jenis jamur yang berpotensi mengancam kesehatan. 

Infeksi jamur ini bisa dialami oleh siapa saja. Walaupun begitu, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah memiliki risiko tinggi untuk mengidap infeksi jamur. 


Infeksi jamur seringkali dikaitkan dengan vagina. Namun, selain vagina, ternyata infeksi jamur juga bisa menyerang bagian tubuh lain, salah satunya adalah ketiak. Direktur penelitian bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner, menyebutkan bahwa infeksi jamur di ketiak mungkin sedikit berbeda dengan infeksi jamur pada vagina

Secara alami tubuh memiliki jamur yang hidup sebagai bagian dari apa yang dsebut microbioma. Microbioma ini merupakan kumpulan bakteri dan jamur yang hidup secara simbiosis pada kulit. Terkadang, jika Anda memiliki pertumbuhan kulit secara berlebihan, hal tersebut bisa menimbulkan ruam. 

Beliau menambahkan bahwa da kondisi yang disebut dengan intertrigo, yaitu peradangan dan pertumbuhan berlebih dari ragi dan bakteri, biasanya terjadi di daerah kulit yang terdapat lipatan seperti ketiak dan daerah pangkal paha. Bahkan, ada pula kasus infeksi jamur di bawah payudara. 

Gejala infeksi jamur di ketiak ataupun daerah lipatan tubuh lannya, antara lain kulit berwarna kemerahan dan timbul bintik-bintik kecil yang mengandung cairan. Biasanya, infeksi jamur dibagian lipatan tubuh ini seringkali terjadi pada musim panas. 

Untuk mengatasi infeksi jamur di ketiak atau daerah lipatan tubuh lainnya, Anda bisa menggunakan krim anti jamur. Namun, jika kondisi tersebut tidak kunjugn membaik selama 1-2 minggu, maka sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selain pengobatan, tindakan pencegahan termasuk hal yang terpenting. Jaga kebersihan tubuh termasuk ketiak untuk menghindari infeksi jamur. Agar tetap sehat, sebaiknya ketiak di jaga agar tetap kering dan bersihkan dengan sabun saat mandi. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata Infeksi Jamur Juga Bisa Menyerang Ketiak"

Posting Komentar