Waspada, Ternyata Keringat Bisa Sebabkan Infeksi

Waspada, Ternyata Keringat Bisa Sebabkan Infeksi,- Bagi kita yang hidup di daerah beriklim tropis tidak bisa terhindar dari keringat. Bahkan kita tidak bisa menghindari untuk bersentuhan dengan mereka yang terkena keringat. 

Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. Pada manusia, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh, meskipun ada yang beranggapan bahwa komponen dari keringat laki-laki dapat berfungsi sebagai feromon. 


Disamping itu, ternyata keringat ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya keringat bisa sebabkan infeksi. Terdapat beberapa jenis infeksi yang dibawa oleh keringat dan bisa mengnfeksi jika kita terkena keringat tersebut.

Berikut ini merupakan jenis-jenis infeksi yang bisa terjadi jika Anda bersentuhan dengan keringat seseorang, yaitu diantaranya :
  • Demam atau flu
Walaupun keringat sendiri tidak mengadnung virus-virus ini, namun virus ini bisa menempel pada kulit ketika mengusap hidung, bersin, atau bernapas. Jika keringat menjadi pembawa virus, maka virus ini bisa dengan mudah menginfeksi siapapun yang bersentuhan dengan keringat tersebut. 
  • Herpes
Terdapat banyak perdebatan mengenai apakah transmisi tidak langsung, seperti keringat bisa menyebarkan herpes atau tidak. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kontak kulit ke kulit bisa mentransmisi HSV-1 dan HSV-2. Sdangkan penelitian lain menyebutkan bahwa patologi virus perlu kontak terus-menerus dan gesekan untuk transmisi bisa terjadi. 
  • MRSA
Methicillin-resistant Staphylococcus aureus merupakan superbug yang bisa menyebabkan infeksi yang sulit disembuhkan pada berbagai bagian tubuh yang berbeda. Kuman ini diketahui resisten terhadap banyak antibiotik umum yang ada. Kuman ini juga bisa menyebabkan luka dan bisul di kulit, dan bahkan dapat menyebabkan infeksi pada aliran darah, paru-paru, atau saluran kemih. Kuman ini bisa secara mudah menyebar melalui kontak langsung, seseorang bisa terinfeksi superbug ini dengan mudah melalui seseorang yang memiliki superbug ini di kulitnya. 
  • Impetigo
Impetigo merupakan infeksi kulit yang sangat menular dan bisa menyebar melalui kontak fisik, seperti melalui infeksi kulit. Infeksi ini sangat umum terjadi pada anak-anak dan bisa menyebabkan plak, lecet, atau bercak merah di kulit. Infeksi ini juga disebabkan oleh Staphylococcus aureus.
  • Virus hepatitis B
Walaupun masih diperdebatkan, namun penelitian mengungkapkan bahwa virus hepatitis B (HVB) bisa ditransmisi melalui keringat saat olahraga yang saling bersentuhan. Biasanya, diyakini jika HBV ditransmisi melalui luka terbuka dan membran lendir, namun sebuah studi pada sejumlah atlet pegulat Olimpiade menunjukkan bahwa 11% atlet memiliki komponen virus di keringat mereka, sama dengan tingkat virus yang ada dalam darah. Studi tersebut dipublikasikan di Brish Journal of Sports Medicine.

Baca Juga : Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waspada, Ternyata Keringat Bisa Sebabkan Infeksi"

Posting Komentar