Tips Cara Menghindari Terjadinya Infeksi Perut

Tips Cara Menghindari Terjadinya Infeksi Perut,- Infeksi perut merupakan masalah kesehatan yang paling umum terjadi di masyarakat. Penyakit ini juga sering disebut dengan infeksi bakteri. Ketika mengalami infeksi perut, Anda akan emrasakan radang perut, usus, atau keduanya. Peradangan ini disebabakn oleh serangan bakteri. 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan infeksi perut. Hal ini terutama disebarkan oleh makanan atau air yang telah terkontaminasi dan oleh patogen seperti H. pylori dan beberapa bakteri lainnya. 


Setiap jenis bakteri lambung dapat menyebabkan diare, kram yang menyakitkan, mual, dan muntah. Infeksi ini juga menyeabkan radang di usus dan saluran pencernaan. Kebersihan yang buruk juga bisa menyebabkan infeksi perut.

Untuk mencegah dan menghindari infeksi perut, berikut ini merupakan 5 tips cara menghindari terjadinya infeksi perut yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah :
  • Cuci tangan dengan benar sebelum makanan
Infeksi perut sebagian besar disebabkan karena makan dengan tangan yang kotor. Maka dari itu, usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun antibakteri untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang bersarang di tangan. 
  • Makan dengan cerdas
Jika Anda tidak memiliki pilihan selain tidak makan makanan di luar, maka tentukanlah makanan Andan dengan cerdas. 
  • Jangan mengonsumsi makanan mentah
Hal ini terutama berlaku untuk daging dan ikan. Makanan yang kurang di masak bisa terkontaminasi oleh bakteri, seperti salmonella dan E. coli, yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Maka dari itu, hindari makanan yang kurang di masak atau makanan mentah merupakan salah satu tips menghindari infeksi perut yang paling ampuh. 
  • Hindari mengonsumsi makanan yang tidak higienis
Jika Anda mengonsumsi makanan yang tidak higienis dan mengikuti praktik yang tidak higienis, maka hal tersebut harus segera dihentikan. Mengonsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan dan makanan luar setiap hari bisa menyebabkan inefksi perut. 
  • Hindari berenang
Bagi Anda yang memiliki imunitas yang buruk, maka tidak dianjurkan berenang selama musim hujan. Terlebih lagi jika Anda terkena flu atau baru sembuh dari penyakit, maka Anda perlu menghindari berenang untuk mencegah infeksi perut dan flu.

Itulah beberapa tips cara menghindari terjadinya infeksi perut yang perlu diketahui. Dengan mengetahui informasi seputar infeksi perut, maka Anda bisa mencegah dan menghindari timbulnya penyakit tersebut. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Obat Infeksi Usus
Obat Infeksi Lambung
Antibiotik untuk Infeksi Usus

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Cara Menghindari Terjadinya Infeksi Perut"

Posting Komentar