4 Jenis Infeksi yang Rentan Dialami Penderita Diabetes

4 Jenis Infeksi yang Rentan Dialami Penderita Diabetes,- Setiap tahunnya penderita diabetes semakin meningkat, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jika Anda mengalami diabetes, kadar gula dan glukosa dalam tubuh akan meningkatkan aliran darah. Tingkat insulin menurun dalam tubuh karena pankreas (organ yang memproduksi insulin) tidak berfungsi dengan baik.

Penderita diabetes harus ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya, karena akan lebih rentan terkena infeksi. Hal ini disebabkan karena peningkatan kadar gula darah yang tidak terkontrol (hiperglikemia) pada penderita diabetes mengakibatkan respon imun menjadi lambat saat terpapar oleh suatu kuman penyakit. Kondisi ini juga cenderung menguntungkan bagi kuman, karena kadar glukosa tinggi dapat meningkatkan kemampuan kuman untuk tumbuh dan menyebar lebih cepat. 


Selain itu, ditambah lagi penderita diabetes umumnya memiliki masalah pada saraf dan aliran darah ke ujung tubuh. Kondisi ini semakin mempermudah terjadinya infeksi. 

  • Infeksi kulit dan jaringan halus
Infeksi kulit bisa terjadi di bagian tubuh manapun, namun kaki merupakan bagian tubuh yang lebih sering mengalaminya. Kondisi kaki diabetes (diabetic foot) merupakan bentuk kronis dari infeksi ini. Berawal dari timbulnya lenting atau luka yang berisi cairan pada penderita diabetes, dan diperparah dengan terjadinya infeksi sekunder. 
  • Rhinocerebral mucormycosis
Infeksi ini termasuk jenis infeksi langka dan disebabkan oleh beberaoa mikroorganisme yang dapat ditemukan pada permukaan hidung dan sekitar sinus. Ia dapat menyebar ke jaringan sekitarnya, terutama pembuluh darah, dengan cara maerusak jaringan dan mematikan sel serta menimbulkan erosi pada tulang wajah. 

Infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi penyebaran kuman ke sekitar otak dan menimbulkan abses otak. Penyakit ini timbul ketika kadar gula darah penderita tidak terkendali, terutama jika disertai dengan kondisi ketoasidosis. Gejala utama yang ditimbulkan adalah rasa nyeri di sekitar hidung, pembengkakan dan timbulnya darah kehitaman dari area hidung. 
  • Otitis eksterna
Ini merupakan jenis infeksi yang bersifat mematikan sel sehat. Infeksi ini sering terjadi pada saluran telinga bagian luar dan dapat menyerang ke telinga bagian dalam, terutama pada bagian tulang rawan dan tulang keras di sekitar telinga. Infeksi ini sering ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada telinga dan disertai timbulnya cairan yang keluar dari dalam rongga telinga. 
  • Infeksi saluran kencing
Ini dapat berupa timbulnya bakteri pada urin (bakteriuria), nanah dalam urin (pyuria), radang kandung kemih (sistitis) dan infeksi saluran kencing atas. Penyebab terjadinya infeksi saluran kencing pada penderita diabetes adalah bakteri yang menginfeksi saluran kencing terutama terjadi pada sekitar kandung kemih, dan dapat menimbulkan infeksi ginjal (pyelonephritis). 

Penyakit infeksi ginjal merupakan kondisi yang fatal karena dapat menimbulkan gagal ginjal. Selain itu juga dapat meningkatkan resistensi insulin dan memicu kesulitan untuk mengatur kadar air tubuh.

Itulah 4 jenis infeksi yang rentan dialami penderita diabetes. Melakukan pencegahan merupakan cara terbaik bagi penderita diabetes untuk menjaga kesehatand an daya tahan tubuhnya. Pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal. Hindari adanya luka terbuka pada bagian tubuh manapun, terutama pada bagian kaki. 

Penderita diabetes juga harus sadar untuk memantau timbulnya gejala infeksi sejak dini karena itu merupakan saat yang tepat untuk menghentikan perkembangan infeksi kronis. 

Artiekl Terkait :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Jenis Infeksi yang Rentan Dialami Penderita Diabetes"

Posting Komentar