Waspadai Risiko Infeksi Kulit Pada Anak yang Suka Mengupil

Waspadai Risiko Infeksi Kulit Pada Anak yang Suka Mengupil,- Kebiasaan mengupil memang normal dilakukan oleh balita, bahkan karena penasaran, tidak jarang mereka memakan upil. Ngupil merupakan kegiatan membersihkan kotoran atau benda asing yang ada dalam hidung. Membran mukosa di rongga hidung akan dihasilkan dan diproduksi t erus menerus setiap hari, yang akan mengering karena kelembaban udara, dan membentul padatan yang kita sebut upil. 

Selain itu, lendir yang mengering dan mengeras ini biasanya akan menyebabkan sensasi iritasi yang memunculkan rasa gatal. Sensasi tersebutlah yang memicu orang untuk mengupil. 

Hidung biasanya memiliki kepekaan sendiri terhadap rangsangan dari luar. Hidung mudah teriritasi oleh bahan-bahan yang memicu seperti bahan kimia, bau-bauan, polusi udara, atau zat yang memicu alergi lainnya. Ketika hidung teriritasi, maka akan timbul rasa gatal, bersin, bahkan mengarah ke gejala flu. 


Namun, para orangtua harus mengetahui bahwa mengupil terlalu keras pada anak dapat menimbulkan risiko, mulai dari lubang hidung berdarah hingga infeksi kulit.

Meskipun mengupil dilakukan dengan tidak terlalu keras dan tidak dalam, namun hal ini tetap bisa menyebabkan pendarahan. Hal ini terjadi karena pembuluh darah disekitar lubang hidung lebih sensitif. 

Risiko infeksi bisa muncul jika lubang hidung terus menerus mendapat gesekan tangan yang mengadnung bakteri saat ngupil. Hal ini membuat anak berisiko terinfeksi bakteri kulit bernama impetigo. 

Kondisi impetigo ini ditandai dengan area lubang hidung yang terinfeksi menjadi kuning bernanah dan berkerak. Pada beberapa kasus, kondisi ini perlu diatasi dengan antibiotik yang diresepkan dokter. 

Risiko impetigo memang sering terjadi pada anak. Mereka lebih aktif dan sering bersentuhan fisik dengan teman-teman bermain. Selain itu, dibandingkan orang dewasa, sistem kekebalan tubuh anak belum terbentuk dengan sempurna untuk melawan bakteri. 

Baca Juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waspadai Risiko Infeksi Kulit Pada Anak yang Suka Mengupil"

Posting Komentar