Manfaat Kunyit untuk Atasi Infeksi saat Menyusui

Manfaat Kunyit untuk Atasi Infeksi saat Menyusui,- Pemberian ASI secara eksklusif memang penting untuk membanyi bayi mendapatkan antibodi alami yang dapat mencegah dari infeksi. Selain itu, pencernaan bayi yang belum sempurna juga sangat dibandu dengan ASI, karena bayi meudah beradaptasi dengan komposisi ASI. Terlebih lagi penelitian menemukan bahwa ASI eksklusif dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit saat dewasa dan juga mengurangi risiko obesitas pada anak. 

Namun, pemberian ASI seringkali terkendala oleh gangguan yang terjadi pada ibu, salah satunya adalah penyakit mastitis, dimana penyakit ini membuat ibu merasa tidak nyaman dan tersiksa ketika memberikan ASI. 


Mastitis merupakan kondisi jaringan dalam payudara ibu menyusui mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Inilah yang menyebabkan payudara ibu membengkak dan terasa sakit. Penyakit ini bisadialami oleh hampir semua ibu yang menyusui, walaupun begitu penyakit ini hanya menyerang salah satu payudara. 

Biasanya ibu yang mengalami mastitis akan memberhentikan pemberian ASI sementara, padahal hisapan bayi akan membantu untuk membersihkan infeksi. Walaupun beberapa kasus mastitis dapat pulih dengan sendirinya, namun jika penyakit semakin parah, maka pengobatan harus segera dilakukan. 

Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda juga bisa mengobati mastitis sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satunya kunyit. 

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang umum ditemukan disetiap rumah tangga dan biasa digunakan sebagai bumbu masakan. 

Diektahui, kunyit memiliki kandungan curcumin yang dipercaya dapat membantu mengatasi mastitis. Sebuah studi pun dilakukan untuk mengetahui efek curcumin pada ibu menyusui. 

Dalam penelitian tersebut, 63 orang ibu menyusui yang menderita mastitis laktasid iberikan krim topologi curcumin. Hasilnya, pemberian curcumin topikal dinilai berhasil menurunkan tanda-tanda mastitis laktasi, seperti nyeri, ketegangan payudara, dan bengkak dalam waktun 72 jam tanpa menimbulkan efek samping lainnya. 

Hal ini berimplikasi bahwa curcumin berfungsi sebagai agen antiinflamasi atau anti peradangan untuk mengendalikan peradangan kulit dan jaringan lunak bahkan pada dosis rendah dengan penggunaan topikal.

Bagi ibu yang ingin membuat ramuan kunyit ini sendiri di rumah, Anda bisa menyiapkan kunyit yang telah dicuci bersih. Parut kunyit dan oleskan diatas payudara yang terasa nyeri. Diamkan beberapa menit hingga mengering. Setelah itu, lap dengan handuk yang telah direndam dalam air hangat. Tunggu beberapa saat hingga peradangan mereda. 

Untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk atasi infeksi saat menyusui, Anda harus menggunakannya secara rutin dan teratur. Semoga lekas sembuh.

Artikel terkait :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Kunyit untuk Atasi Infeksi saat Menyusui"

Posting Komentar