Kurangi Risiko Infeksi Penyakit dengan Rajin Cuci Tangan

Kurangi Risiko Infeksi Penyakit dengan Rajin Cuci Tangan,- Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling berharga bagi manusia. Sebagian besar aktivitas dilakukan dengan tangan. Sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatan tangan. Karena hal ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi risiko infeksi penyakit pada tubuh. 

Tangan merupakan sumber kuman. Dengan mencuci tangan akan menghindarkan bakteri dan kuman masuk ke dalam mulut. Rajin mencuci tangan merupakan salah satu langkah yang paling mudah untuk menjaga kesehatan tangan. Dengan mencuci tangan, segala infeksi dan radang bisa diturunkan hingga 70%. 


Terdapat 6 langkah sederhana yang dilakukan saat mencuci tangan dengan baik dan benar serta terbebas dari kuman. Tahap pertama, basahi telapak tangan dengan air serta sabun, kemudian gosok kedua tangan. 

Selanjutnya, langkah kedua yaitu menggosok sela-sela jari tangan. Langkah ketiga, kunci jari sambil menggesekkan antara kuku tangan kanan serta kiri. 

Tidak cukup sampai disitu, tahap selanjutnya yatu membersihkan ibu hari dengan menggosoknya secara melingkar. Langkah mencuci tangan dengan benar yang terakhir yaitu mengerucutkan jari dan memutarkan kerucutan jemari di telapak tangan terbuka yang lainnya. 

Baca Juga :


Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, dan jangan mencelupkan tangan dipinggir bak. Segala jenis sabun bisa digunakan untuk mencuci tangan, bak itu sabun (mandi) biasa, sabun antiseptik, ataupun sabun cair. Namun, sabun atiseptik/anti bakteri seringkali dipromosikan lebih banyak pada publik. Hingga kini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa sabun antiseptik atau disinfektan tertentu dapat membuat seseorang rentan pada organisme umum yang berada di alam. 

Perbedaan antara sabun antiseptik dan sabun biasa adalah, sabun ini mengandung zat anti bakteri umum seperti Triklosan yang memiliki daftar panjang akan resistensinya terhadap organisme tertentu. Namun, zat ini tidak resisten untuk organisme yang tidak terdapat dalam daftar, sehingga mereka mungkin tidak seefektif apa yang diiklankan. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kurangi Risiko Infeksi Penyakit dengan Rajin Cuci Tangan"

Posting Komentar