Gejala Khas Infeksi Sinus yang Harus Diketahui

Gejala Khas Infeksi Sinus yang Harus Diketahui,- Ketika mengalami infeksi sinus, Anda mungkin akan merasakan beberapa gejala, seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan gejala lainnya. Hal ini mungkin akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. 

Sayangnya banyak yang tidak menyadari gejala infeksi sinus tersebut. Pasalnya, gejala tersebut seringkali tumpang tindih dengan gejala penyakit lain, seperti alerg dan flu. Namun, terdapat beberapa gejala unik yang dapat menjadi gejala khas dari infeksi bakteri sinus yang biasanya perlu diobati dengan antibiotik. 


Berikut ini beberapa gejala khas infeksi sinus yang harus diketahui, diantaranya adalah :
  • Warna lendir berubah
Gejala sinus akan semakin nyata ketika infeksi berkembang. Hidung akan semakin tersumbat dan lendir yangkeluar dari hidung akan lebih produktif dan berubah warna. 
  • Post-nasal drip
Lendir yang semakin produktif mungkin menandakan bahwa Anda mengalami post-nasal drip. hal ini terjadi ketika lendir menumpuk di belakang sinus dan menetes ke dalam tenggorokan dan dada. 
  • Gejala seperti flu yang bertahan lebih dari satu minggu
Infeksi sinus biasanya diawali dengan timbulnya gejala flu yang klasik, seperti hidung tersumbat, demam, tenggorokan gatal, merasa lelah, dan sakit otot. Gejala flu umumnya akanmembaik setelah 3 sampai 5  hari, atau paling lama satu minggu. Jika gejala flu tidak kunjung membaik atau justru bertambah parah, maka kemungkinan itu merupakan gejala yang mengindikasikan penyakit infeksi sinus.
  • Tekanan sinus dan nyeri
Gejala seperti flu dapat membuat hidung dan kepala terasa berat. Infeksi sinus juga bisa membuat wajah dan area sinus terasa sesak dan menyakitkan, sehingga menimbulkan sakit kepala. 

Pada beberapa orang, hal ini bisa terasa begitu menyiksa dan sering dikira sebagai sakit gigi. Rasa sakit juga terasa di belakang mata atau antara mata dan hidung. Beberapa orang lainnya menemukan daerah sinus mereka terasa bengkak dan sakit ketika disentuh. Sakit kepala akibat sinus seringkali menjadi semakin parah ketika membungkuk ke depan.
  • Batuk phlegmy
Gejala khas infeksi sinus yang harus diketahui terakhir yaitu batuk phlegmy. Batuk phlegmy merupakan batuk yang terjadi karena Anda berusaha mengeluarkan lendir yang menyumbat. Dokter menyebut kondisi ini sebagai batuk produktif dan merupakan gejala klasik dari infeksi sinus. 

Baca Juga : 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gejala Khas Infeksi Sinus yang Harus Diketahui"

Posting Komentar