Mengetahui Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Tato

Mengetahui Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Tato,- Tato merupakan karya seni pada kulit tubuh manusia yang semakin populer dan banyak digemari. Di salon pembuatan tato, berbagai bentuk dengan warna-warni digambar pada bagina tubuh seseuai dengan keinginan pelanggan. 

Namun, perlu diketahui, tato termasuk salah satu karya seni yang memingkinkan menyebabkan terjadinya berbagai reaksi pada kulit, seperti salah satunya infeksi. Infeksi pada kulit yang diakibatakn oleh tato teramsuk salah efek samping yang perlu diperhatikan dengan serius, karena sumbernya tidak hanya berasal dari alatnya, melainkan juga dari tempat pembuatan dan juga tinta tato yang digunakan. 


Infeksi kulit akibat tato bisa disebabkan karena bakteri ataupun virus. Bakteri yang pernah ditemukan menyebabkan infeksi pad akulit karena tato adalah bakteri mikrobakterium atipik, Mycobacterium leprae (yang  menyebabkan kusta), Staphylococcus dan Streptococcus. Sedangkan virus yang pernah ditemukan adalah virus herpes simplex dan Human papilloma virus (yang menyebabkan kutil kulit). 

Untuk menghindari infeksi akibat tato, alangkah baiknya untuk membuka wawasan berbahaya tato. Salah satu hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membuat tato adalah mengetahui cara mencegah terjadinya infeksi tato, diantaranya adalah :

Konsultasikan dengan dokter kulit sebelum membuat tato

Konsultasi ini tentu sangat diperlukan, terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit eksim (kulit kering) atau psoriasis (peradangan kulit).

Lakukan penyelidikan dan pilihkan seniman tato yang profesional

Pastikan seniman tato memiliki lisensi yang resmi untuk menjamin keamanannya. 

Mintalah melihat peralatan pembuat tato, seperti jarum suntik, tinta, dan plastic wrap yang akan digunakan sebelum Anda membuat tato

Semua alat pembuat tato yang akan digunakan harus dalam kondisi yang steril.

Pilihlah area kulit yang bebas dari tahi lalat

Tahi lalat yang ditutupi tinta akan membuat lebih sulit mendiagnosis perubahan atau masalah kesehatan yang mungkin akan timbul selanjutnya.

Hindari menggaruk atau menyentuh tato baru (yang masih belum kering)

Hal ini disebabkan karena dapat menularkan bakteri ke dalam kulit (pada bagian tubuh lainnya).

Selalu cuci tangan dengan sabun dan air

Mencuci tangan perlu dilakukan sebelum menyentuh tato baru atau menyentuh perban yang menutupi tato. Lepaskan perbah selama 24 jam.

Hubungi seniman tato jika melihat sesuatu yang mencurigakan

Sebaiknya Anda segera menghubungi seniman tato jika menemukan hal yang mencurigkan pada tato yang melekat pada tubuh. Namun, jika masalah belum hilang lebih dari seminggu, maka sebaiknya segera temui dokter kulit.

Mengetahi cara mencegah terjadinya infeksi tato sangat penting. Hal ini bertujuan agar kulit tetap aman saat Anda ingin membuat tato. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengetahui Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Tato"

Posting Komentar