Cara Membersihkan Luka Agar Terhindar dari Infeksi

Obat Infeksi,- Luka yaitu terputusnya kontinuitas atau hubunagn anatomis jaringan sebagai akibat dari ruda paksa. Luka sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik itu benda tumpul, beda tajam, suhu, zat kimia, ledakan, gigitan hewan, dan sebagainya. 


Jika tidak ditangani dan dirawat dengan benar, maka luka tersebut dapat menimbulkan infeksi. untuk menghindari hal tersebut, berikut ini cara membersihkan luka agar terhindari dari infeksi :
  • Sebelum membersihkan luka, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir, jika tidak tesedia bisa gunakan sanitaiser.
  • Jika Anda memilikinya, gunakan sarung tangan medis sebelum membersihkan luka.
  • Biarkan orang yeng memiliki luka untuk membersihkan sendiri lukanya jika memungkinkan
  • Gunakan tangan kosong untuk membersihkan luka merupakan pilihan terakhir jika tidak ada sarung tangan dan peralatan medis lainnya.
Cara mencuci dan membilas luka

Ketika Anda mengalami luka, alangkah baiknya jika Anda cuci luka tersebut selama kurang lebih 5 hingga 10 menit dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Gunakanlah air dengan tekanan sedang, seperti air keran. 

Air dingin biasanya akan membuat luka terasa lebih baik jika dibandingkan dengan air hangat. Mencuci luka akan membantu  menghilangkan berbagai kotoran, bakteri, dan dapat mengurangi riisko infeksi. 

Cara membersihkan luka ringan sendiri

Untuk mengatasi pendarahan yang ringan, atau untuk membersihkan luka yang tidak terlalu berat, Anda sebaiknya menghentikan pendarahan yang terjadi terlebih dahulu dengan menggunakan kapas atau kain bersih yang steril. 

Untuk membersihkan kotoran, Anda bisa menggunakan pinset yang telah disterilkan dengan alkohol atau disinfectant.Ketika membersihkan luka, sebisa mungkin jangan mendorong pinset ke dalam luka. 

Setelah membersihkan kotoran, cuci luka dengan air, jika memungkinkan gunakanlah air mengalir yang dapat membawa pergi kotoran dan bakteri. Manfaatkan juga sabun ringan, namun jika luka tersebut berada di bagian mata, sebiasa mungkin hindari penggunaan produk sabun jenis apapun. 

Bersihkan luka secara perlahan. Menggosok luka terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan meningkatkan kemungkinan luka melebar. Selain itu, menggosok luka yang terbuka juga dapat meningkatkan risiko pendarahan, tetapi biasanya diperlukan untuk membersihkan luka secara menyeluruh. 

Cara menangani luka yang besar, dalam, dan sangat kotor

Luka yang sangat kotor, dalam, dan besar baisanya memerlukan evaluasi dokter sebelum dibersihkan secara menyeluruh, termasuk mungkin memerlukan jahitan. Selain itu, biasanya luka yang dalam dan besar memerlukan sejumlah antibiotik.

Baca Juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membersihkan Luka Agar Terhindar dari Infeksi"

Poskan Komentar