Tips Sederhana untuk Atasi Infeksi pada Organ Kewanitaan

Tips Sederhana untuk Atasi Infeksi pada Organ Kewanitaan,- Menjaga organ reproduksi merupakan langkah yang penting. Terutama bagiwanita yang notabene mengalami siklus menstruasi, maka kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya harus selalu di jaga. Infeksi jamur vagina merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh para wanita. Hal ini disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan daerah organ kewanitaan.

Selain dengan mengonsumsi obat infeksi yang telah diresepkan, beberapa dokter juga menyarankan para wanita yang mengalami infeksi organ kewanitaan yang disebabkan oleh jamur candida untuk mengonsumsi yoghurt sebagai salah satu tips sederhana untuk atasi infeksi pada organ kewanitaan.

 Menurut Djinge Lindsay, MD, MPH, seorang dokter keluarga dari Washington DC, yoghurt benar-benar bisa mencegah infeksi ragi. Yoghurt mengandung probiotik dengan bakteri baik yang mampu melawan infeksi bakteri jahat dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Ia juga menyebutkan bahwa banyak studi lain yang dilakukan dan melibatkan sebagian kecil kelompok wanita, serta melihat bagaimana pengaruh lactobacillus melawan infeksi ragi yang dialami oleh wanita. Menurutnya, obat ini cukup ramah dan beberapa wanita melaporkan adanya perkembangan dari kondisi mereka.

Umumnya, probiotik dianggap aman untuk melindungi kesehatan Miss V dalam waktu jangka panjang. Tidak sebatas menjaga kesehatan Miss V saja, probiotik dalam yoghurt juga berpengaruh pada kesehatan secara menyeluruh.

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa probiotik dalam yoghurt terbukti mampu melawan bakteri vaginosis yang berkembang dan mengobatinya.

Selain yoghurt, Anda juga bisa mengonsumsi makanan fermentasi lainnya, seperti salah satunya kimchi. Makanan khas Korea ini mengandung probiotik yang dapat menyehatkan organ kewanitaan Anda.

Selain melakukan tindakan pengobatan, Anda juga harus melakukan pencegahan agar infeksi tidak kembali terjadi. Beberapa langkah pencegahan yang  bisa Anda lakukan diantaranya adalah :
  • Cucilah area kelamin dengan air hangat dan sabun yang sangat ringan, kemudian keringkan dengan handuk bersih atau diamkan hingga kering atau gunakan pengering rambut yang disetel dingin.
  • Jangan menggaruk ataupun menggosok area kelamin agar tidak memperparah iritasi.
  • Gunakan celama dalam dari bahan katun dan berwarna putih. Kain katun memungkinkan area kewanitaan tetap kering dan sejuk. Jangan kenakan celana dalam yang terbuat dari nilon, asetat, ataupun kain buatan yang lain.
  • Cucilah celama dalam dengan detergen yang ringan tanpa aroma. Hindari penggunaan pelembut kain atau dryer sheet, karena kedua produk tersebut mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi.
  • Jaga kebersihan organ kewanitaan setelah buang air. Gunakan tisu toilet yang lembut dan berwarna putih. Perlu diingat, usaplah dari depan ke belakang guna meminimalkan risiko terinfeksi bakteri dari usus besar.
  • Gunakanlah tampon di siang hari ketika sedang menstruasi. Gantilah tampon dengan yang barus etiap beberapa jam, tergantung pada intensitas menstruasi.
  • Jangan menggunakan produk kewanitaan yang dapat menyebabkan iritasi, seperti pembalut wanita deodoran, semua semprotan dan deodoran kewanitaan, serta semua produk yang mengandung petrolatum, minyak, atau lemak.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Sederhana untuk Atasi Infeksi pada Organ Kewanitaan"

Posting Komentar