Olahraga yang Tepat dan Aman Bagi Penderita Cedera Lutut

www.obatinfeksi.info,- Mengalami cedera dibagian lutut tentu membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Kondisi yang disebabkan oleh tekanan yang berlebih pada ligamen yang memicu peregangan jarak antar tulang ini akan membuat penderitanya kesulitan untuk berjalan normal. 

Bagian lutut yang mengalami cedera seringkali terasa sakit disertai ngilu. Banyak dari mereka yang menderita cedera lutut memutuskan untuk tidak banyak bergerak lantaran khawatir kondisinya akan semakin memburuk. 

Namun, sebenarnya cedera lutut tidak boleh dianggap sebagai hal yang dapat membatasi gerak seseorang. Dengan kondisi tersebut, penderita seharusnya tetap aktif melakukan aktifitas, termasuk berolaharaga atau melakukan gerakan olahraga tertentu agar rasa nyeri dan tidak nyaman tidak terjadi secara berkepanjangan. 


Penderita cedera lutut memang sangat disarankan untuk menghindari olahraga yang meligatkan gerakan-gerakan berat yang bisa membebani lutut. Namun, masih banyak jenis olahraga dan latihan gerakan fisik yang tergolong aman dan justru bisa membantu memulihkan lutut yang cedera. 

Beberapa jenis olahraga, seperti berenang, pilates, dan yoga bisa membantu mengruangi risiko cedera lutut semakin parah, bahkan dapat mengurangi gangguan nyeri pada lutut yang cedera. 

Selain itu, untuk gerakan-gerakna sederhana yang bisa dilakukan di rumah secara rutin seiring dengan proses penyembuhan cedera lutut, penderita bisa mencoba trik berikut ini :
  • Langkah pertama : Lakukan pemanasan seperti biasa selama 10 menit
  • Langkah kedua : box squat 8 kali repetisi
Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan tekuk kedua lutut ke posisi setengah jongkok. Posisikan kedua tangan di depan tubuh dan tekan kedua telapak tangan secara bersamaan. Melangkah ke samping dengan satu kakis ejauh mungkin dan tetap pada posisi jongkok. Gerakan kaki yang lain ke sisi tersebut untuk kembali ke posisi awal. 

Selanjutnya, langkahkan satu kaki sejauh mungkin ke belakang, kemudian ikuti dengan kaki lainnya. Melangkah ke sisi yang lain dengan kaki yang lain, lalu ikuti dengan gerakan kembali ke posisi awal. Terakhir, melangkahlah ke depan dengan kaku luar, ikuti dengan kaki sebelah dalam. Saat ini Anda seharusnya sudah kembali ke posisi awal setelah membuat kotak dengan langkah-langkah Anda.
  • Langkah ke tiga : reverse lunge 10 kali repetisi
Berdiri tegak dengan satu kaki pada sliding disc. Letakkan kedua tangan dipinggul dan atur posisi kaki terbuka selebar bahu. Ini adalah posisi awal Anda. Geser kaki pada disk ke belakang dan turunkan pinggul, sehingga lutut yang lain tertekuk 90 derajat. Berhenti sejenak, kemudian lakukan gerakan sebaliknya untuk kembali ke posisi awal. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Olahraga yang Tepat dan Aman Bagi Penderita Cedera Lutut"

Poskan Komentar