6 Langkah Efektif untuk Cegah Infeksi saat Hamil

www.obatinfeksi.info,- Perubahan hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh membuat ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi dan komplikasi selama kehamilan, begitu juga dengan persalinan. Namun, ketika ibu hamil mengalami infeksi bakteri, akibatnya bisa lebih serius. 

Biasanya janin dalam kandungan memang tidak mendapatkan dampaknya jika sang ibu sedang terkena infeksi. Namun, terdapat sejumlah infeksi selama kehamilan yang bisa berakibat serius, seperti keguguran. 


Beberapa jenis infeksi yang bisa menyerang ibu hamil diantaranya adalah infeksi saluran kemih, vaginitis, dan infeksi pasca melahirkan. Selain itu, ada jenis infeksi yang bisa berpindah ke janin melalui plasenta atau ketika proses persalinan. Misalnya toksoplasma, parvovirus, atau sitomegalovirus. Sampai saat ini belum ditemukan obat yang efektif untuk melawan infeksi sitomegalovirus yang terjadi saat persalinan. 

Antibiotik yang tersedia pada saat ini mungkin bisa membantu mengatasi infeksi toksoplasma, sementara infeksi akibat parvovirus dapat diatasi melalui transfusi darah intrauterin. 

Risiko infeksi selama kehamilan bisa dihindari dengan memperhatikan pola rutinitas sehari-hari. American Academy of Pediatrics memberikan sejumlah rekomendasi berikut yang bisa membantu ibu hamil untuk mencegah dan melindungi dari ancaman infeksi selama hami, diantaranya :

Rajin mencuci tangan. Khususnya bagi yang sering berinteraksi dengan anak-anak. Sebaiknya tidak terlalu berdekatan dengan orang yang sedang sakit. 

Hindari kontak dengan kotoran kucing. Begitu juga dengan kura-kura, kadal, tikus, dan kotorannya. 

Saat memasak, pastikan Anda mengolah daging hingga matang. Hindari mengonsumsi makanan mentah ataupun yang mengandung susu mentah. 

Lindungi diri dari gigitang serangga yang dapat membawa penyakit. Ketika berada diluar ruangan, gunakan celana dan bajug lengan panjang, serta oleskan krim anti gigitan serangga jika perlu. 

Konsumsi vitamin yang dapat melindungi dari serangan infeksi. Tentu saja hal ini perlu dilakukan di bawah pengawasan dokter. 

Berkonsultasi dengan dokter. Hal ini penting untuk melakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan bakteri streptokokkus grup B, dan penyakit menular seksual. Cari tahu apakah ada vaksinasi penting yang bisa didapatkan selama masa kehamilan. 

Dengan melakukan perlindungan diri sejak awal, semoga infeksi virus yang dialami ibu hamil bisa di cegah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Langkah Efektif untuk Cegah Infeksi saat Hamil"

Poskan Komentar