Malas Bersihkan Sisir Bisa Picu Infeksi pada Kulit Kepala

obatinfeksi.info,- Bukan hanya rambut saja yang harus selalu dibersihkan, tetapi juga beargai peralatan yang digunakan untuk merawat rambut juga harus dibersihkan, sama halnya dengan sisir. 


Sisir merupakan salah satu benda yang pasti digunakan setiap harinya untuk membantu merapikan rambut. Dilihat sekilas, mungkin sisir tampak baik-baik saja. Atau Anda berpikir bahwa hanya terdapat gumpalan rambut yang rontok. Namun, ketika diamati lebih lanjut, sisir yang tidak dibersihkan dipenuhi oleh tungau dan menjadi tempat bakteri berkembang biak hingga jamur.

Selain tungau dan bakteri, pada sisir yang jarang dibersihkan juga terdapat penumpukan sel-sel kulit mati, hingga residu dari bahan kimia penggunaan produk rambut.

Menurut seorang ahli bedah dermatologi, Sejal Shah, sisir yang jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan bisa memicu timbulnya masalah pada kulit kepala. Jika sisir kotor digunakan, maka dampaknya bukan hanya mengontori rambut yang bersih, tetapi juga bisa menimbulkan risiko infeksi pada kulit kepala. Terlebih lagi, jika sebelumnya di kulit kepala sudah ada luka.

Penumpukan residu pada sisir juga akan membuat rambut berminyak meskipun baru keramas. Maka dari itu, Sejal menyarankan untuk selalu membersihkan sisir 1 minggu sekali. Cara membersihkannya berbeda, tergantung dari jenis sisir itu sendiri.

Jika sisir plastik, pembersihannya bisa dilakukan dengan cara memasukkannya ke dalam semangkuk air hangat yang telah dicampur sampo. Kemudian bersihkan sela-sela sisir dan bilas. Sedangkan jika sisir terbuat dari kayu sebaiknya tidak direndam dan menggunakan bahan kimia, karena bisa merusak kayu. Pembersihan bisa dilakukan dengan air biasa, dan bersihkan sela-sela sisir dengan cepat, kemudian keringkan.

Nah itu dia mengapa membersihkan sisir itu sangat penging. Karena sebersih apapun rambut Anda, dan meskipun telah menjalani perawatan keseahtan rambut, hal tersebut akan percuma jika masih menggunakan sisir yang kotor.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Malas Bersihkan Sisir Bisa Picu Infeksi pada Kulit Kepala"

Posting Komentar