Cegah Infeksi Saluran Kemih dengan Ekstrak Cranberry

Obat Infeksi,- Infeksi saluran kemih atau disingkat ISK umumnya tidak menunjukkan gejala, namun ketika Anda mengalaminya, mungkin akan Anda akan merasa ingin buang air kecil terus-menerus, membuang urine yangsedikit tetapi sering, perih ketika buang air kecil, urin yang berbau menyengat, nyeri panggul di sekitar tulang kemaluan dan pusat panggul. Jika sudah agak parah, biasanya disertai dengan warna urin yang kemerahan akibat bercampur darah. Percampuran darah ini dapat menjadikan urine berwarna merah muda, merah terang, atau bahkan sepenuhnya merah darah.

Infeksi saluran kemih ini bisa diderita oleh siapapun, namun yang paling berisiko mengalaminya adalah wanita. 80& kasusu ISK disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. Coli), yang biasa terdapat di dalam saluran pencernaan. Bakteri ini terbuang bersama kotoran manusia, sehingga sering terdapat pada anus. Pola hidup yang tidak higienis, salah cara dalam membasuh organ intin, toilet dan air yang tercemat bakteri E. Coli bisa menjadi sarana masuknya bakteri E. Coli ke dalam saluran kemih.

Tips Cegah Infeksi Saluran Kemih dengan Ekstrak Cranberry


Sebuah penelitian telah membuktikan jika ekstrak cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Selian untuk pencegahan, buah cranberry juga cukup aman digunakan sebagai pengobatan tambahan. Cranberry dipercaya dapat melindungis aluran kemih dengan cara mengubah sifat urine menjadi lebih asam, sehingga secara alami menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli. Selain itu, para ahli juga menyatakan bahwa adanya zat proantocyanidin yanga da dalam Cranberry dapat mengubah struktur bakteri E.Coli, sehingga mencegahnya untuk menempel pada sel yang melapisi saluran kemih.

Teori yang lain mengatakan bahwa cranberry menjadikan lapisan dinding saluran kemih lebih licin, sehingga menjadi anti-adhesi (anti perlekatan) bagi bakteri E. Coli. Maka dari itu, bakteri E. Coli menjadi sulit untuk melekat pada dinding saluran kemih.

Artikel Terkait :

Saat ini cranberry dapat digunakan sebagai pencegah infeksi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya secara rutin, baik dalam bentuk ekstrak cranberry, jus, ataupun memilih produk suplemen, dalma upaya untuk meminimalkan terjadinya infeksi saluran kemih.

Umumnya cranberry aman untuk dikonsumsi, namun pada sebagian orang mengatakan bahwa cranberry mengganggu perut mereka dan terlalu banyak mengonsumsi cranberry bisa menyebabkan batu ginjal. Maka dari itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi cranberry.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cegah Infeksi Saluran Kemih dengan Ekstrak Cranberry"

Posting Komentar