Penyebab Infeksi pada Luka Jahitan Operasi Caesar

Ketika operasi caesar ada sekitar 7 lapisan, mulai dari kulit perut hingga dinding rahim yang akan di jahit satu persatu oleh dokter untuk menutupi luka bekas operasi. Itulah sebabnya mengapa infeksi pada jahitan operasi caesar bisa terjadi di kulit perut atau rahim. 

 
Infeksi bisa terjadi pada luka bekas jahitan operasi atau bahkan pada dinding rahim, meskipun yang terakhir ini jarang terjadi. Jika tidak ditangani dengan tepat, maka infeksi yang biasanya terjadi pada hari ke 3 hingga 7 pasca persalinan ini bisa berakibat fatal pada kesehatan ibu. Penyebab infeksi pada luka jahitan operasi caesar ini diantaranya karena kurang sterilnya alat-alat operasi yang digunakan.

Kebersihan alat-alat operasi selalu menjadi hal utam ayang harus diperhatikan sebelum melakukan operasi. Jika alat-alat operasi yang digunakan kurang bersih, maka hal ini bisa memicu infeksi pada luka pasien.

Selain kebersihan alat operasi, respon tubuh terhadap benang jahit juga bisa menjadi menyebab infeksi. Dalam operasi caesar kita mengenal 2 jenis benang jahit. Benanh jahit jenis pertama dibuat dari protein dan bisa diserap oleh tubuh. Dan jenis yang kedua adalah benang sintesis yang tidak bisa diserap oleh tubuh dan harus diangkat setelah beberapa hari. 

Artikel Terkait :

Untuk jenis benang jahit yang terbuat dari protein, bagi beberapa pasien bisa tidak tahan dan menimbulkan reaksi alergi, sehingga luka jahitan operasi caesar terinfeksi dan atau membuka kembali.

Penyebab infeksi pada luka operasi caesar yang terakhir adalah ketika menjahit. Kasus ini bisa terjadi jika jaringan kulit yang dijahit terlalu banyak, sehingga bekas jahitan menjadi tebal dan memicu terjadinya infeksi.

Untuk mencegah infeksi semakin parah, ibu bisa mengenali gejalanya, seperti jahitan dikulit perut terlihat merah dan meradang, terasa sangat gatal, keluar cairan putih kekuningan atau darah di sela-sela jahitan, terasa panas didaerah jahitan, dan nyeri jika ditekan.

Jika ibu mengalami salah satu atau beberapa gejla diatas, jangan terus ditekan atau bahkan digaruk. Segera lakukan pengobatan dan konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Infeksi pada Luka Jahitan Operasi Caesar"

Poskan Komentar