Tips Merawat Luka Operasi Caesar Agar Tidak Infeksi

Menjalani persalinan secara normal memang menjadi keinginan dari setiap ibu hamil. Namun, karena alasan tertentu, tidak sedikit pula ibu hamil yang menjalani persalinan melalui operasi caesar. Meskipun melakukan persalinan dengan opreasi caesar lebih cepat dan tidak terasa sakit seperti yang dirasakan ketika persalinan secara normal, namun perlu diketahui adanya bahaya besar yang dapat mengancam bunda jika tidak mengetahui cara yang baik dan benar dalam merawat luka bekas oprasi caesar. 


Waktu normal untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar ini kurang lebih 3 minggu hingga 4 minggu, namun hal ini masih bisa saja lebih lama. Yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana cara yang baik dan juga benar ketika merawatn luka bekas operasi ini, karena jika tidak hal ini dapat menyebabkan infeksi yang dapat memperpanjang masa penyembuhan.

Berikut ini beberapa tips merawat luka operasi caesar agar tidak infeksi, diantaranya adalah :
  • Jaga Kebersihan Luka
Memastikan luka dalam kondisi yang tetap higienis akan membuat bunda terbebas dari infeksi. Cara menjaga kebersihan luka bekas operasi caesar bisa dilakukan dengan membersihkan area wilayah luka dengan menggunakan antiseptik sesuai rekomendasi dokter secara rutin. Pastikan pula alat yang digunakna steril, dan lain sebagainya. Sebaiknya bunda tidak membungkus luka beas operasi terlalu ketat, karena hal ini dapat menimbulkan iritasi.
  • Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, luka operasi caesar diharuskan menggunakna perban yang tidak trlalu ketat agar luka tersebut tidak terkena iritasi. Hal ini juga sangat berlaku dalam pemilihan pakaian yang akan digunakan. Jika bunda telah terbiasa menggunakan pakaian yang ketat, maka sebaiknya bunda menggantinya dengan pakaian yang sedikit longgar untuk beberapa waktu. Jenis pakaian longgar yang harusa bunda kenakan diantaranya seperti pakaian dalam, kaos, piyama, celana ataupun rok. Baby doll dan juga daster merupakan pakaian yang cukup longgar yang paling disarankan.

Artikel Terkait :
 
  • Jaga Pola Makan yang Baik
Setelah melahirkan, umumnya orang tua pada jaman dahulu akan mebatasi pola makan seorang ibu dengan alasan mempercepat proses penyembuhan. Akibatnya, ibu jadi kekurangan nutrisi yang diperlukan sebagai modal untuk menyusui. Yang benar adalah bunda tetap bisa bebas mengonsumsi makanan apa saja, namun dengan syarat makanan tersebut mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Makanan bernutrisi tidak hanya dapat mempercepat penyembuhan luka, melainkan juga bisa membuat produksi ASI menjadi melimpah.
  • Lakukan Olahraga Ringan
Meskipun rasa sakit pasca operasi caesar cukup mengganggu aktivitas, namun olahraga ringan tetap sangat dianjurkan. Olahraga ringan seperti halnya jalan santai dapat membantu dalam proses penyembuhan. Olahrag ringan juga bisa mencegah konstipasi serta penggumpalan darah. Selain itu, hal ini juga dapat membuat sirkulasi darah pada tubuh meningkat. Olahraga juga bisa membuat sistem imun menjadi meningkat dan membantu untuk mencegah terjadinya pneumonia atau terjadinya gangguan pada kesehatan umum yang diakibatkan operasi caesar. Bunda bisa mulai untuk membiasan berjalan santai selama kurang lebih 15 menit setiap pagi.

Walaupun bunda meras sehat dan kuat, namun alangkah baiknya jika pasca operasi caesar bunda tidak melakukan aktivitas berat. Dan jangan lupa juga untuk tetap mengontrol kesehatan pasca operasi caesar ke dokter kandungan bunda hingga kondisi bunda benar-benar pulih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Merawat Luka Operasi Caesar Agar Tidak Infeksi"

Poskan Komentar