Manfaat Pepaya dan Keju untuk Mengatasi Infeksi Jamur

Tubuh manusia memiliki sistem kekeblan tubuh untuk melwan infeksi jamur. Namun, jika sistem kekebalan tubuh sedang melemah atau jika Anda sedang dalam pross pengobatan menggunakan antibiotik, maka jamur dapat berkembang di dalam tubuh dan merusak organ.

Pada umumnya penyakit yang disebabkan oleh jamur tidak terlalu parah dan biasanya hanya menyebabkan kerusakan kecil. Seperti infeksi jamur pada kulit biasanya akan mengakibatkan gatal-gatal. Namun, beberapa infeksi jamur juga dapat mengancam jiwa, seperti meningitis jamur dan infeksi pada aliran darah.

Ragi candida merupakan penyebab infeksi jamur yang dapat diatasi dengan mengurangi makanan tinggi gula dan karbohidrat. Sebaliknya, penderita infeksi jamur ini harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, lemak sehat, dan probiotik. 

Salah satu jenis makanan yang dapat mengatasi infeksi jamur yaitu pepaya dan keju. Ekstrak daun dan biji pepaya telah tebukti mampu mencegah jamur. Pepaya juga kaya akan vitamin C dan mencukupi 115% dari kebutuhan harian. Kombinasikan potongan pepaya dengan mangga, paprika merah, bawang merah, raspberry, jus lemon, dan daun ketumbar dan beri toping lumatan biji pepaya untuk menambah kelezatan.

Sedangkan sebuah studi telah dilakukan tahun 2013 pada wanita dengan infeksi jamur. Disebutkan 207 subjek diberi obat antijamur vagina dan obat oral. Sedangkan sebanyak 209 subjek lainnya menerima perlakuan yang sama tetapi menambahkan 10 probiotik oral dan vagina yang mirip dengan kandungan pada keju. Keluhan tetap ada setelah pengobatan pada hampir 80% dari kelompok pertama, namun hanya 31% dari kelompok probiotik. Keju fermentasi seperti cheddar, swiss, parmesa, dan gouda bisa dikonsumsi sebagai cemilan.

Selain pepaya dan keju, ada beberpa jenis makanan lain yang juga efektif untuk membantu mengatasi infeksi jamur, diantaranya adalah :

Minyak Kelapa Murni

Tidak seperti minyak kelapa konvensional, minyak kelapa murni ini berasal dari daging kelapa segar dan tidak mengalami proses pemurinia kimia, sehingga vitamin, mineral, dan antioksidannya tidak hilang. Penelitian memamerkan minyak kelapa efektif untuk mengatasi Candida albicans. Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni ini sebagai bahan untuk menumis sayuran.

Oregano

Minyak esensial oregano merupakan obat yang tepat untuk mencegah dan mengobat infeksi jamur dan bakteri. Penelitian menyebutkan bahwa minyak tersebut efektif untuk memerangi berbagai jenis jamur, termasuk Candida albicans yang menjadi penyebab sekitar 90% infeksi ragi. Gunakan 10 teets minyak dalam air panas dan gunakanlah untuk berendam.

Ketumbar

Biji ketumbar termasuk sumber serat, tembaga, zat besi, mangan, dan magnesium. Minyak esensial coriander mampu melawan jamur dan mencegah berbagai jenis bakteri penyebab infeksi jamur pada vagina. Campurkan 2 tetes minyak coriander dengan paprika, bubuk cabai, cayenne, kulit lemon kering, dan gula untuk digunakan sebagai campuran bumbu lezat.

Nah, itulah manfaat pepaya dan keju untuk mengatasi infeksi jamur secara alami dan juga efektif. Lakukan terapi pengobatan ini secara teratur agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Semoga lekas sembuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Pepaya dan Keju untuk Mengatasi Infeksi Jamur"

Poskan Komentar