Waspadai Infeksi Akibat Penyakit Diabetes

Obat Infeksi,- Penyakit diabetes atau diabetes mellitus merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah hingga diatas normal. Penyakit diabetes mellirtus dapat diturunkan, terutama jika kedua orangtuanya termasuk penderita diabetes berat. 


Semua bentuk diabetes dapat meningkatkan risiko komplikasi dalam jangka panjang. Hal ini berkembang setelah 1- hingga 20 tahun, namun bisa saja gejala pertama timbul pada mereka yang belum terdiagnosis selama waktu tersebut.

Baru-baru ini ditemukan bahwa penyakit diabetes mellitus juga ternyata dapat mempengaruhi timbulnya masalah infeksi. Masalah infeksi bukanlah masalah yang biasa, karena infeksi yang dibiarkan tanpa perawatan bisa berisiko menimbulkan kematian.

Waspadai Infeksi Akibat Penyakit Diabetes


Infeksi akibat diabetes merupakan salah satu bahaya lain yang bisa disebabkan oleh penyakit diabetes mellitus yang tidak ditangan dengan benar. Maka dari itu, penderita penyakit diabetes melitus harus semakin waspada lagi. Ada cukup banyak permasalahan yang akan semakin menyulitkan penderita jika mereka sampai mengalami infeksi.

Penderita diabetes mellitus sangat berisiko mengalami infeksi karena 2 hal, yaitu :

  • Terjadinya kerusakan pda sistem kekebalan tubuh

Penderita penyakit diabetes melitus, khususnya bagi penderita yang tidak disiplin menjaga kadar gula darah sering mengalami kerusakan atau penurunan sistem kekebalan tubuh. Masalah inilah yang sebenarnya mengakibatkan penderita diabetes sangat mudah mengalami infeksi. Pasalnya, ketika sistem kekebalan tubuh mengalami kerusakan atau penurunan fungsi, maka bakteri dan virus penyebab infeksi akan sangat mudah menyerang tubuh.

  • Beberapa sistem saraf penting dalam tubuh mengalami kerusakan

Tingginya kadar gula darah juga dapat merusak beberapa sistem saraf penting dalam tubuh. Kerusakan pada beberapa sistem saraf di dalam tubuh tersebut berdampak pada penurunan kepekaan penderita penyakit diabetes dengan infeksi. Karena itulah, cukup banyak penderita diabetes yang terlambat mengatasi masalah infeksi karena mereka baru menyadarinya ketika infeksi sudah terlanjur memburuk.

Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami infeksi akibat penyakit diabetes diantaranya adalah kaki, kulit, mulut, gigi, gusi, alat kelamin, kandung kemih, dan paru-paru.

Dari sebagian besar kasus, beberapa dari mereka mengalami masalah infeksi serius yang menyerang bagian kaki dan mulut. Gejala yang timbul ketika infeksi mulai timbul dibangian kaki yaitu kaki mulai mengalami pembengkakn, mulai merasa nyeri, dan jika sudah sangat parah maka kaki bisa mengalami pembusukan. Jika Anda mulai merasakan beberapa gejala tersebut, maka segera konsultasikan dengan dokter anda.

Baca Juga : Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks pada Mulut

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waspadai Infeksi Akibat Penyakit Diabetes"

Poskan Komentar