Tips Meminimalisir Risiko Infeksi Saat Gunakan Toilet Umum

www.obatinfeksi.info,- Toilet umum mungkin sering menjadi faslitas umum yang sering dimanfaatkan ketika berada di luar atau ketika sedang melakukan perjalanan. Bagi sebagian orang, penggunaan toilet umum dirasa mengkhawatirkan. Karena ditakutkan dapat terjadi penyebaran kuman dan bakteri. 


Menurut dt Laksmi Duarsa, SpKK dari D&I Skin Care, Denpasar, memang toilet umum berpotensi menularkan penyakit dari bakteri ataupun virus. Dari segi risiko penyebaran bakteri, penggunaan kloset jongkok dinilai lebih baik dibandingkan dengan kloset duduk.

Walaupun begitu, bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko tersebut. Berikut ini beberapa tips meminimalisir risiko infeksi saat gunakan toilet umum :

Selalu Gunakan Alas Kaki

idak peduli seberapa bersihlantai toilet umum yang dikunjungi, usahakan untuk tidak melepas alas kaki Anda. Karena kuman di lantai bisa masuk dari kulit ke dalam darah.

Hindari Kenop Pintu

Selain kenop pintu, cobalah untuk membuka pintu dengan memegang permukaan lain dari pintu. Hal ini disebabkan karena semua orang yang mengunjungi toilet umum memegang kenop pintu yang sama dan dapat membawa berbagai jenis infeksi. Maka dari itu, hindari memegang kenop pintu.

Amankan Barang Anda

Sebaiknya titipkan barang bawaan pada teman seperjalanan atau setidaknya gantung tas pada cantolan yang tersedia di toilet. Hindari menempatkan tas di atas lantai atau counter yang mengandung banyak kuman.

Bersihkan Dudukan Toilet

Ketika akan menggunakan toilet duduk, pertama bersihkan terlebih dahulu dudukan toilet dengan tisu bersih. Barulah kemudian duduk diatasnya. Cara ini bisa dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi saat gunakan toilet umum yang disebabkan oleh kuman.

Menekan Tombol Flush dengan Tisu

Menekan tombol flush toilet umum dapat menularkan berbagai infeksi. Itu disebabkan karena disentuh oleh banyak orang. Maka dari itu, gunakan tisu dan kemudian tekan tombol flush.

Tutup Closet
Karena toilet umum biasanya memiliki ruangan yang kecil, maka Anda berisiko terinfeksi kuman. Selalu tutup penutup closet ketikan Anda menekan tombol flush.

Hindari Alat Pengering Tangan

Sebaiknya gunakan handuk kertas untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan. Pasalnya alat pengering tangan bisa membawa bakteri di udara ke tangan Anda.

Itulah beberapa tips meminumalisir risiko saat gunakan toilet umum yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penyebaran infeksi kuman dan bakteri. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Meminimalisir Risiko Infeksi Saat Gunakan Toilet Umum"

Poskan Komentar