Hati-Hati, Infeksi Jamur Ini Bisa Sebabkan Kematikan


Sebagian besar wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan infeksi jamur yang menyebabkan keputihan. Meskipun infeksi ini jelas dapat menimbulkan ketidaknyamanan, namun pada umumnya tidak berbahaya.

Jamur Candida Albicans merupakan salah satu jenis jamur yang sering menyebabkan keputihan. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika, kini telah ditemukan tipe infeksi jamur terbaru yang hampri sama dengan Albicans namun lebih berbahaya, yaitu Candida Auris.

Berbeda halnya dengan Candida Albicans, infeksi jamur ini kebal terhadap obat-obatan anti jamur yang biasa digunakan.

Infeksi jamur Candida Auris pertama kali dikenali pada tahn 2009 dari seorang pasien di Jepang. Jenis jamur ini juga dilapokan diberbagai klinik atau rumah sakit diseluruh dunia. Diketahui jamur Auris ini berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian. 

Baca Juga : Manfaat Teripang Emas untuk Obati Infeksi Bekas Jahitan

Jamur Candida Albicans biasnaya ditemukan di tempat yang lembab seperti bagiain genital dan mulut. Namun, beda halnya dengan jamur Candida Auris biasanya ditemukan di saluran urin atau pernapasan. Selain dapat mengiritasi kulit, infeksi ini juga bisa mengakibatkan infeksi serius pada luka dan darah.

Sampai sejauh ini jenis jamur auris telah ditemukan dibeberapa negara, seperpti Jepang, Korea Selatan, India, Afrika Selatan, Kuwait, Kolombia, Pakistan, dan Inggris. 

Menurut CDC, jenis baru jamur ini sulit di lacak karena kebanyakan rumah sakit tidak memiliki alat untuk mengidantifitasinya. Tanpa obat infeksi yang kuat, penderita infeksi jamur ini diperkirakan akan terus bertambah. Terlebih lagi, hampir 60% pasien yang telah terinfeksi meninggal dunia.

Walaupun bsa terjadi di seluruh bagian tubuh, namun umumnya infeksi jamur ditemukan di vagina karena seringkali sudah tercampur secara alami dengan jamur yang tinggal di vagina.

Infeksi jamur yang terjadi pada perempuan bisa timbul akibat penggunaan antibiotik yang seringkali ikut membunuh sel imun yang mengendalikan populasi jamur, kehamilan, diabetes yang tidak terkontrol, dan mengonsumsi pil KB oral. Para ahli menyebutkan bahwa jamur auris biasanya terjadi pada pasien yang dirawat lama di rumah sakit. Faktor risiko lainnya yaitu pasien yang baru menjalani operasi dan menggunakan kateter.

Maka dari itu, langkap pertama untuk mencegah infeksi ini yaitu dengan membersihkan alat-alat kedokteran dengan teliti sehingga semua virus, bakteri, atau jamur mati.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hati-Hati, Infeksi Jamur Ini Bisa Sebabkan Kematikan"

Poskan Komentar