Selain Kotoran Kucing, Hal-Hal Ini Juga Picu Infeksi Tokso

obatinfeksi.com,- Mungkin Anda sering mendengar anjuran untuk berhati-hati pada kotoran kucing guna menghindari infeksi tokso. Nah, perlu diketahui, sebenarnya selain kotoran kucing, hal-hal ini juga picu infeksi tokso. Simak informasinya berikut ini !!

Apa itu Toksoplasma ?

Toksoplasma merupakan penyakit yang disebabkan oleh onfeksi Toxoplasma gondii (T.gondii) yang termasuk parasit coccidian. Pada orang yang memiliki fungsi sistem kekebalan tubuh normal, mungkin infeksi yang dialami termasuk ringan. Namun, jika menyerang orang dengan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, maka infeksi yang terjadi mungkin lebih parah dan menimbulkan gejala seperti demam serta pembesaran kelenjar getah bening. Namun, pada beberapa kasus, gejala tidak timbul dan baru terdeteksi ketika melakukan tes darah. 


Umunya toksoplasma dikeluarkan dari tubuh kucing melalui kotorannya dan bukan bulunya. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat membersihkan kotoran kucing. Walaupun sebenarnya beberapa laporan menyebutkan bahwa kasus infeksi toksoplasma lebih banyak terjadi akibat konsumsi daging mentah.

Kucing tua disebutkan cenderung lebih sedikit membawa tokso. Kucing terinfeksi parasit ini setelah mengonsumsi tikus, burung, ataupun hewan kecil lainnya yang telah lebih dulu terinfeksi.

Nah, untuk mencegah kucing perliharaan Anda terinfeksi tokso, maka sebaiknya berika ia makanan khusus. Dengan begitu, kucing tidak akan tergoda untuk mengonsumsi tikus, ayam, atau hewan lain yang ditubuhnya menjadi tempat berkumpulnya tokso.

Selain itu, ada baiknya Anda juga memandikan kucing setidaknya 3 kali dalam sebulan atau 1 kali seminggu dengan menggunakan shampo kucing dan mengeringkan bulunya hingga kering. Berikan juga vaksin untuk kucing sesuai dengan usianya.

Baca Juga : Mengobati Infeksi Paru-Paru

Ternyata Selain Kotoran Kucing, Hal-Hal Ini Juga Picu Infeksi Tokso

Perlu Anda ketahui bahwa selain kotoran kucing, hal-hal ini juga bisa picu infeksi tokso masuk ke dalam tubuh.

Seorang profesor famakologi dan toksikologi serta mikrobiologi dan imunologi di Indian University School of Medicine, Willian Sullivan mengatakan bahwa ada banyak cara yang bisa menyebabkan seseorang terinfeksi tokso. Diantaranya kebiasaan makan daging mentah bisa menjadi jalan masuknya parasit ini ke dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena daging mentah bisa menjadi sejenis pelabuhan bagi parasit tersebut. 


Beliau juga menyarankan agar Anda memastikan bahwa daging yang akan dikonsumsi telah matang secara menyeluruh. Atau cara lainnya Anda juga bisa membekukan daging tersebut terlebih dahulu.

Tidak hanya mengonsumsi daging mentah, berkebun atau melakukan aktivitas dengan tanah juga bisa memicu seseorang terinfeksi tokso. Pasalnya tanah ditengarai merupakan tempat dimana tokso bisa hidup selama bertahun-tahun.

Sebuah studi yang dilakukan oleh dr E. Fuller Torrey, psikiater penelitian di Stanley Medical Research Institute, menyebutkan bahwa bisa ada 100 spora tokso atau ookista di kuku tukang kebun. Nah, untuk menghindari tokso yang menempel di kuku dan kemudian terbawah hingga ke tubuh, maka sebaiknya lakukan langkah-langkah protektif seperti menggunakan sarung tangan dan masker.

Buah atu sayuran yang telah terkontaminasi pupuk kandang juga bisa menjadi jalan masuknya tokso. Maka dari itu, pastika untuk mencuci buah dan sayur yang akan dikonsumsi, khususnya sayuran yang dikonsumsi sebagai lalapan.

Tidak hanya itu saja, disarankan juga untuk selalu membersihkan tempat sampah. Karena jika ada parasit tokso di sana, maka hanya butuh waktu satu hari untuk membentuk spora dan kemudian terjadilah penularan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selain Kotoran Kucing, Hal-Hal Ini Juga Picu Infeksi Tokso"

Poskan Komentar