Perlu Diketahui, Tidak Semua Infeksi Perlu Antibiotik

Perlu Diketahui, Tidak Semua Infeksi Perlu Antibiotik,- Antiniotik merupakan obat untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Namun, setelah timbulnya masalah resistensi antimikroba atau antibiotik membuat para dokter harus menekan penggunaan antibiotik pada pasien. Karena, penggunaan antibiotik yang berlebihan bisa menimbulkan resistensi antibiotik atau bakteri penyebab penyakit tak lagi mempan di atasi dengan antibiotik. Begitu juga dengan pasien tidak boleh menggunakan antibiotik secara sembarangan. Peresepan antibiotik harus oleh dokter dan dalam pengawasannya.


Dokter spesiali paru, Arifin nawas, menjelaskan bahwa antibiotik digunakan untuk mengobati kasus infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bukan oleh virus. Dengan begitu, penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus tidak membutuhkan antibiotik. Bahkan, untuk menekan penggunaan antibiotik yang berlebihan, infeksi bakteri yang bisa sembuh dnegan sendirinya juga tidak perlu menggunakan antibiotik, seperti infeksi telinga, faringitis, ISPA non spesifik, hingga bronkitis tanpa komplikasi.

"Tidak semua penyakit perlu antibiotik. Infeksi virus tidak perlu gunakan antibiotik. Banyak infeksi bakteri yang dapat sembuh sendiri juga tidak perlu antibiotik," kata Arifin.

Pasien tidak boleh membeli antibiotik tanpa resep dokter. Antibiotik juga seharusnya tidak dijual secara bebas. Untuk meresepkan antibiotik, dokter harus memastikan penyakit yang diderita disebabkan oleh bakteri.

Ada 3 gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri, yaitu diserai dengan demam, perubahan warna dahak, dan sel darah putih atau leukkosit di atas 10000. Namun, tidak semua demam menjadi tanda adanya infeksi bakteri. Untuk memastikan adanya bakteri atau tidak, bisa dilakukan pemeriksaan pada sampel dahak, urin, tinja, hingga darah.

Menurut Arifin, waktu yang tepat untuk memberikan antibiotik yaitu misalnya jika dahak sudah berwarna kuning kehijauan.

Jika Anda bingung mencari cara terbaik untuk mengatasi infeksi bakteri dan virus, Anda bisa menggunakan obat infeksi QnC Jelly Gamat sebagai solusi terbaik untuk Anda dan keluarga. KLIK DISINI untuk informasi lengkapnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perlu Diketahui, Tidak Semua Infeksi Perlu Antibiotik"

Poskan Komentar