Mengetahui Antibiotik Alami untuk Melawan Infeksi Bakteri

www.obatinfeksi.info,- Antibiotik merupakan zat yang berasal dari sumber-sumber bakteri seperti mikroorganisme yang digunakan untuk mengontrol pertumbuhan atau membunuh bakteri lain. Biasanya antibiotik dikonsumsi untukmengatasi infeksi lambung, infeksi telinga, dan beberapa masalah kesehatanlainnya.

Namun, penggunaan antibiotik secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Jika tidak dikonsumsi dengan dosis yang tepat, maka konsumsi antibiotik justru akan membuat bakteri dalam tubuh semakin kuat dan resisten. Akibatnya, tubuh akan rentan terserang oleh penyakit yang sebenarnya ringan.

Beberapa jenis antibiotik biasanya menggunakan bahan kimia, sehingga tidak jarang juga dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Sebagai alternartif, para peneliti mencoba mencari bahan lain yang bisa digunakan sebagai antibiotik alami dengan efek samping yang diperkirakan jauh lebih sedikit. 




Dari berbagai uji coba yang telah dilakukan, para peneliti telah mengidentifikasi jika terdapat beberap ajenis makanan tertentu yang memiliki karakteristik dan kualitas yang mumpuni sebagai agen antibiotik alami pada tubuh manusa. Kualitas antibiotik alami yang ditunjukkan oleh beberapa jenis makanan tertentu bahkan tidak kalah dengan antibiotik dari bahan kimia.

Walaupun begitu, para peneliti masih mendalami tentang penggunaan antibiotik jenis ini sebagai pengganti dari antibiotik yang sudah ada.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai antibiotik alami diantaranya adalah :

Madu. Manfaat madu sudah melegenda karena telah digunakans ejak berabad-abad lalu sebagai obat. Madu memiliki kemampuan sangat luar biasa terutama dalam hal menyembuhkan penyakit akibat bakteri virus. Madu merupakan antibiotik alami yang baik untuk melawan infeksi. Selain itu, madu juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka bakar.

Bawang Putih. Mengonsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih mentah ketika perut kosong secara rutin setiap hari sangat baik untuk kesehatan. Jika Anda tidak biasa mengonsumsi bawang putih secara langsung, Anda juga bisa menambahkannya pada masakan. Bawang putih ini memiliki kandungans ulfur yang memiliki efek antibakteri. Sebuah penelitia pada tahun 1999 telah membuktikan bahwa kandungan sulfur dalam bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik alami.

Baca Juga : Waspadai Infeksi Rotavirus Penyebab Diare pada Anak

Kunyit. Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan diberbagai masakan India dan Pakistan. Kunyit memiliki ciri khas yang berwarna kuning, dimana warna ini merupakan senyawa yang bisa memberikan efek antimikroba. Banyak penelitian yang telah menemukan jika kunyit memiliki kemampuan sangat kuat dalam melawan bakteri, sehingga rempah ini sering digunakan sebagai antibiotik alami.

Minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan salah satu antibiotik alamiyang dapat mengobati berbagai jenis infeksi bakteri.

Minyak cengkeh. Cengkeh merupakan rempah-rempah yang secara alami sering digunakan sebagai obat karena memiliki khasiat yang luar biasa. Cengkeh sering dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi bau mulut dan masalah gigi karena bersifat antiseptik. Secara internal, cengkeh juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang merugikan di dalam usus.




Minyak Oregano. MInyak oregano merupakan jenis minyak esensial yang dikenal memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri serta mengendalikan infeksi Staph MRSA. Minyak ini diperkaya dengan antioksidan, antiseptik, antivirus, antijamur, antiinflamasi, dan antiparasit. Pada tahun 2001, Science Daily melaporkan bahwa minyak oregano dapat membunuh kumah dengan tingkat keefektifan hampir sama dengan antibiotik kimia.

Keluarga berry. Buah berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan cranverry sangat baik untuk melawan infeksi saluran kandung kemih dan masalah kencing lainnya. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi jus cranberry secara teratur dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita hamil. Selain itu, cranberry juga bemanfaat adlam memerangi bakteri jahat seperti E. Coli. Walaupun penelitian tersebut menggunakan cranberry, namun tampaknya jenis berry lainnya juga memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda.

Jahe. Jahe bisa dibuat sebagai minuman segar yang berkhasiat mengatasi flu dangangguan pernapasan ringan. Ramuan dari jahe ini dikenal sebagai antibiotik alami yang sangat kuat. Penggunaan jahe sendiri juga cukup beragam, arena rempah yag satu ini bisa diolah sebagai teh, dalam bentuk kapsul, atau juga bisa langsung ditambahkan ke dalam masakan Anda.

Ekstrak biji anggur. Anggur merupakan buah lezat dengan manfaat yang sangat melimpah. Selain daging buahnya, ternyata ekstrak biji buah anggur juga memiliki manfaat dan bisa digunakan sebagai antibiotik alami. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative Medichine menemukan jika ekstrak biji anggur diketahui dapat membunuh hingga 800 strain yang berbeda dari virus dan bakteri. Tidak hanya itu, sebuah studi pada tahun 2006 oleh Departemen Gizi dan Ilmu Pangan, Texas A & M University menyimpulkan bahwa ekstrak biji anggur memiliki sifat anti kanker dan mengurangi kadar kolesterol.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengetahui Antibiotik Alami untuk Melawan Infeksi Bakteri"

Posting Komentar