Gunakan Sepatu yang Sama Setiap Hari Sebabkan Infeksi Jamur

Pasti Anda akan merasa senang jika memiliki speatu yang telah lama diidamkan. Bahkan, Anda ingin terus menggunakannya setiap hari untuk menunjang penampilan Anda. Namun, perlu diingat, menggunakan sepatu yang sama secara terus menerus ternyata bisa berdampak buruk untuk kesehatan kaki.

Menggunakan sepatu yang sama setiap hari, terutama sepatu yang digunakan berbentuk tertutup sepenuhnya dapat menciptakan lingkungan kaki yang lembab yang akhirnya dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur. 




Menurut penelitian yang dipubliaksikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, menyebutkan bahwa terdapat peningkatan risiko infeksi jamur di kaki para pekerja kebun yang menggunakan sepatu bot.

Infeksi jamur di kaki ini disebabakn oleh organisme dermatofita. Organisme ini mengonsumsi keratin, protein yang terdapat pada kuku dan rambut sebagai sumber makanannya.

Infeksi jamur yang terjadi di kaki ini dapat menyebabkan perubahan warna pada kuku kaki, penebalan kuku, kuku membelah, kulit bersisik dan kaki berbau. Tidak hanya itu, infeksi jamur di kaki juga dapat mengakibatkan iritasi dan timbulnya rasa nyeri.

Maka dari itu, pencegahan infeksi, termasuk infeksi jamur di kaki sangat penting untuk dilakukan. Karena, jika infeksi jamur sudah mengenai kuku, maka penanganannya akan menjadi lebih sulit. Hal tersebut dikarenakan jamur yang menginfeksi kaki sering kali resisten atau tidak merespon terhadap terapi yang dilakukan, sehingga penanganannya membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan unuk mencegah infeksi jamur di kaki, diantaranya seperti mengggunakan kaus kaku jika memakai sepatu yang tertutup, potong kuku dengan benar, pilih sepatu yang tepat dan dengan ukuran yang tepat pula, rutinlah mengganti sepatu yang Anda gunakan, serta hindari bertelanjang kaki di area umum.

Namun, jika Anda terlanjur mengalami infeksi jamur di kaki, Anda bisa menggunakan krim antijamur yang mengandung clotrimazole atau juga bisa menggunakan obat herbal QnC Jelly Gamat yang memiliki kandungan antijamur untuk membantu menghilangkan masalah jamur yang dialami. Info lengkapnya, silahkan kunjungi laman Cara Mengobati Infeksi pada Kaki.

Semoga bermanfaat ..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gunakan Sepatu yang Sama Setiap Hari Sebabkan Infeksi Jamur"

Posting Komentar