Turunkan Risiko Infeksi Telinga Bayi Dengan ASI Eksklusif

Pemberian ASI Eksklusif tentu sangat bermanfaat untuk membantu menunjang kesehtan serta perkembangan si kecil. Tidak hanya itu, menurut ilmuwan, kesadaran ibu untuk memberikan ASI secara ekslusif pada bayi yang dilengkapi dengan vaksinasi modern juga mampu menurunkan angka infeki telinga pada bayi hingga 60%.

Menurut dr Tasnee Chonmaitree dari Universuty of Texas, jika keduanya diberikan pada bayi, maka ia bisa mendapat perlindungan yang cukup terhadap bakteri Streptococcus pneumoniae yang bisa menginfeksi telinga, sinus, paru, dan darah. 




Chonmaitree mengatakan bahwa orangtua disarankan untuk memastikan bahwa anaknya mendapatkan vaksin dan ASI seperti yang sudah direkomendasikan. Jauhi paparan rokok terhadap anak dan hindari juga penderita pilek. Karena pilek sering kali berujung pada infeksi bakteri atau virus di telinga. Oleh karena itu, kasus infeksi telinga hingga saat ini sebenarnya masih umum walaupun kejadiannya secara keseluruhan berkurang.

Data dari 367 bayi sehat yang di teliti oleh Chonmaitree menunjukkan setidaknya hingga usia 6 bulan terdapat kejadian infeksi pernapasan pada 305 bayi yang bisa berujung pada infeksi telinga. Tapi, sampai masa studi berakhir, hanya terdapat 108 kasus infeksi telingan yang terdokumentasikan dari total 143 bayi.

Peneliti menyebutkan bahwa menyusui merupakan faktor yang paling besar dalam mengurangi angka kasus infeksi telinga pada bayi. Maka dari itu, ibu disarankan untuk menyusui setidaknya hingga anak berusia 6 bulan untuk membangun kekebalan tubuh yang cukup. Selain infeksi telinga, ASI juga diketahui bisa mengurangi risiko alergi, sindrom kematian mendadak, dan juga obesitas pada anak.

Selain pemberian ASI, pemberian vaksin untuk bakteri pneumococcal ketika usia anak menginjak usia 2 bulan merupakan faktor kedua yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi. Pemberian vaksin perlu dilakukan beberapa kali agar vaksin bisa memberikan efektivitas yang maksimal. Dan faktor terakhir yang dapat mengurangi risiko infeksi telinga pada anak menghindarkan anak dari paparan asap rokok. Hanya saja, untuk hal ini diakui Chonmaitree secara statistik angkanya tidak cukup kuat.

Jangan Lewatkan : Obat Infeksi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Turunkan Risiko Infeksi Telinga Bayi Dengan ASI Eksklusif"

Posting Komentar