Anoreksia, Gangguan Makan yang Disebabkan Infeksi Bakteri

Anoreksia merupakan gangguan makan yang mengakibatkan seseorang memiliki obsesi dengan berat badan yang sangat tidak ideal (underweight). Penderita anoreksia rela melakukan apapun dengan mempertahanakn berat badan yang jauh dibawah normal dengan rela menahan lapar, memuntahakn makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh, bahkan melakukan aktivitas fisik secara berlebihan agar seluruh kalori dalam tubuh dapat terbakar. 




Terbaru, tim peneliti di Inggris mengumumkan temuan yang menunjukkan bahwa anoreksia bukan murni gangguan psikologis, namun berasal dari infeksi bakteri. Mereka menduga kelelahan kronis dan sindrom iritasi usus besar dapat disebabkan hal yang sama.

"Faktor psikologis mungkin penting, tapi tidak meyakinkan sebagai penyebab utama," tulis para peneliti, termasuk Jim Morris dari University Hospitals of Morecambe Bay dilansir dari Science Alert.

Peneliti menyebutkan bahwa sistem kekebalan tubuh pasien menciptakan antibodi untuk melwan infeksi bakteri pada tahap awal, namun kemudian antibodi menjadi bingung dan mulai menyerang sel-sel saraf pasien.

Serangan autoimun ini bisa menjelaskna gejala yang dialami oleh orang-orang di 3 kondisi, yaitu anoreksia, sindrom iritasi usus, dan kelelahan kronis. Kondisi ini juga bisa menjelaskan ketidakseimbangan besar antara pria dan wanita, mengingat wanita memiliki risiko yang lebih tinggi.

Baca Juga : Obat Infeksi

Hipotesis bakteri juga dapat menjelaskna beberapa gejlaa spesifik anoreksia yang banyak dari kita mengasosiasikan dengan pengaruh model dan dunia fashion pada wanita muda.

"Auto-antibodi yang bekerja pada sistem limbik (otak) bisa menginduksi emosi ekstrem termasuk rasa jijik dan takut," tulis para ilmuwan.

Jika kondisi tersebut berasal dari bakteri, maka itu artinya anoreksia bisa menular. Namun, para peneliti berpendapat bahwa faktor sosial dan siapa yang akan terjangkit masih mungkin berperan dalam pengembangan penyakit ini.

"Misalnya, peningkatan insiden kekerasan fisik dan seksual di masa kecil," tulis mereka. "Sangat mudah untuk melihat bagaimana ini bisa mempengaruhi gejala pada orang dewasa tetapi pelecehan menjadi penyebab utama dan cukup dari gangguan fungsional."

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Anoreksia, Gangguan Makan yang Disebabkan Infeksi Bakteri"

Poskan Komentar